Penggunaan Media Belajar Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqih Di Mtsn 1 Langsa

Dewi Mahyati, 5032017005 (2020) Penggunaan Media Belajar Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqih Di Mtsn 1 Langsa. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
DEWI MAHYATI.5032017005.PASCAPAI.2020.pdf

Download (7MB)

Abstract

Media belajar juga merupakan salah satu sarana pendukung pembelajaran di Madrasah-madrasah, khusus nya mata pelajaran fiqih. Dengan adanya media belajar akan lebih membantu siswa dalam mencerna setiap pembahasan materi fiqih, baik itu mengenai shalat, puasa, haji, maupun zakat, yang semuanya itu membutuhkan media. Hal ini dapat kita lihat pada suatu madrasah yang memakai media belajar baik itu berupa gambar atau media lainnya akan menarik motivasi dan memudahkan siswa dalam memahami dan cepat daya tangkapnya. Karena penyampaiaan ilmu pengetahuan hanya mengandalkan ceramah tanpa adanya contoh yang dapat disaksikan oleh siswa, maka siswa tersebut akan merasa jenuh dan masih membutuhkan pencernaan dalam memahami apa yang disampaikan oleh guru, dengan demikian siswa masih terbagi pikirannya pada pelajaran yang di sampaikan dan kepada pemahaman bentuk yang masih ia ragukan kejelasannya. Berkaitan dengan itu, maka media belajar yang sangat positif terhadap kemajuan pendidikan dan media belajar itu tidak semestinya membutuhkan biaya yang relatif mahal, akan tetapi dapat dicari yang sederhana, seperti gambar tata cara berwudu’, cara melaksanakan shalat yang benar, dan lain sebagainya. Berdasarkan hal tersebut peneliti berkeinginan untuk melakukan penelitian yang berjudul penggunaan media belajar dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran fiqih di MTsN I Langsa, yang memiliki rumusan masalah yaitu: 1.Bagaimana penggunaan media belajar dalam pembelajaran Fiqih pada MTsN 1 Langsa ?; 2. Apa saja faktor pendukung dalam penggunaan media pembelajaran fiqih di MTsN 1 Langsa?; dan 3. Bagaimana motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran fiqih pada MTsN I Langsa?. Penelitian ini juga mempunyai tujuan yang ingin peneliti capai yaitu untuk mengetahui bagaimana penggunaan media belajar dalam pembelajaran fiqih di MTsN I Langsa, untuk mengetahui faktor pendukung dalam penggunaan media pembelajaran fiqih di MTsN 1 Langsa, dan untuk mengetahui motivasi dan prestasi belajar siswa di MTsN 1 Langsa. Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan peneliti melakukan observasi, interview dan dokumentasi. Sehingga diperoleh hasil penelitiaan bahwa penggunaan media belajar pada MTsN I Langsa dalam proses belajar mengajar mata pelajaran fiqih, adalah memanfaatkan fasilitas media pembelajaran fiqih yang ada sehingga dapat mendukung tercapainya target pembelajaran fiqih menjadi lebih optimal. Macam-macam media yang digunakan diantaranya: media cetak sepeti buku teks, media visual, media auditif, dan juga menggunakan media lingkungan yang terkait dengan materi seperti musholla untuk praktek masalah ibadah. Motivasi dan prestasi belajar siswa, sebelum penggunaan media kelihatan siswa kuang motivasi alam belajar. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil prestasi belajar siswa. Setelah memakai media hasil yang dicapai sudah sangat memuaskan yaitu nilai rata-rata berada di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Faktor-faktor yang mempengaruhi proses penggunaan media pembelajaran fiqih di MTsN I Langsa. Faktor pendukungnya yaitu: a. Tersedianya media di sekolah, b. Tersedianya waktu untuk menggunakan media, c. Minat dan respon siswa , d. Kemampuan pendidik dalam menggunakan media.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Basri, MA Pembimbing II:Dr. Amiruddin, MA
Uncontrolled Keywords: Media Belajar, Motivas, Prestasi Belajar, Siswa, Pembelajaran Fiqih
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Pasca. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 07 Jul 2022 09:22
Last Modified: 07 Jul 2022 09:22
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2672

Actions (login required)

View Item View Item