Bararathul Adzma, 1052017040 (2021) Pandemi Covid-19: Kendala Dan Solusi Pembelajaran Daring (Studi Kasus di GampongTeungoh Langsa). Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
BARARATHUL ADZMA.1052017040.PGMI.2021.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pada tahun 2020 proses pembelajaran mengalami perubahan, dari pembelajaran tatap muka berubah menjadi BDR (Belajar Dari Rumah) atau yang dikenal dengan Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan). Hal ini disebabkan, karena adanya wabah virus yang melanda seluruh Negara termasuk Indonesia, sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang WFH (Work From Home) yaitu sistem pembelajaran yang dilakukan dari rumah dengan menggunakan handphone, internet dan aplikasi pendukung. Terlaksananya pembelajaran daring, memicu berbagai komentar dan sanggahan yang terjadi dilapangan, seperti kurangnya sarana, prasarana, beban belajar, finansial dan waktu. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apa saja kendala yang dialami siswa, orang tua dan guru pada saat pembelajaran daring serta untuk mengetahui solusi apa saja yang dilakukan oleh siswa, orang tua dan guru dalam mengatasi kendala yang terjadi selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan terfokus pada suatu kasus tertentu untuk diamati dan dianalisis secara cermat sampai tuntas. Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kendala yang dialami siswa pada saat pembelajaran daring yaitu pada sarana, prasarana, beban belajar, finansial dan waktu. Solusi yang dilakukan yaitu siswa meminta agar orang tua yang dapat mengatasi permasalahan tersebut guna agar pembelajaran tetap bisa berlangsung. Kendala yang dialami orang tua pada saat mendampingi dan membimbing anak dalam melakukan pembelajaran daring yaitu pada sarana, prasarana, beban belajar, finasial dan waktu. Solusi yang dilakukan yaitu orang tua mau tidak mau harus tetap mendampingi anak dalam melakukan pembelajaran dan berusaha untuk memenuhi fasilitas penunjang agar pembelajaran tidak terlewatkan. Kendala yang dialami guru pada saat pembelajaran daring pada prasarana yaitu jaringan internet. Solusi yang dilakukan yaitu guru membuat sistem pembelajaran untuk mengambil materi pembelajaran kesekolah, atau dapat menunggu hingga jaringan internet stabil agar pembelajaran tetap bisa berlangsung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Dr.Jelita, M.Pd Pembimbing II:Fenny Anggreni, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Covid-19, Pembelajaran Daring, Kendala dan Solusi |
Subjects: | Pendidikan > Permasalahan Dalam Pendidikan |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 09:13 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 09:13 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2670 |
Actions (login required)
View Item |