Dampak Gadget Terhadap Keterampilan Sosial Anak di Gampong Pondok Pabrik

Indriani Sapti Pratiwi, 1052017051 (2021) Dampak Gadget Terhadap Keterampilan Sosial Anak di Gampong Pondok Pabrik. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
INDRIANI SAPTI PRATIWI. 1052017051. PGMI. 2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan sosial anak di Gampong Pondok Pabrik, dan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget terhadap keterampilan sosial anak di Gampong Pondok Pabrik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan, yaitu: prosedur penelitian yang berupa kata-kata tertulis dan lisan dari orang-orang dan perilaku informan yang dapat diamati. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun subyek dalam penelitian adalah orang tua Gampong Pondok Pabrik yang berjumlah 15 orang tua yang mempunyai anak usia 6-12 tahun. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan keterampilan sosial anak di Gampong Pondok Pabrik mengalami perubahan sebelum mengenal gadget mereka masih mau bergaul dengan teman-teman sebaynya, masih mau menuruti perkataan orang tua. Berdasarkan penelitian dilapanagn bahwa pengaruh perkembangan sosial anak usia 6-12 tahun tidak hanya dipengaruhi oleh gadget saja melainkan ada media yang lain yang dapat berpengaruh terhadap keterampilan sosial anak yaitu televisi. Dampak gadget terhadap keterampilan sosial anak di Gampong Pondok Pabrik dimana mereka setelah mengenal gadget menjadi malas., tidak mau membantu orang tua, kurangnya interaksi dengan orang disekitarnya, kurangnya dalam menghargai orang lain. Dampak lainnya juga dipengaruhi oleh bimbingan orang tua yang kurang memberikan arahan yang bagus saat anaknya ingin bermain gadget dan membiarkan anak-anaknya bermain gadget. Penggunaan gadget pada anak sanagt bervariasi dengan durasi yang rata-rata kurang lebih satu jam dalam sehari dengan bentuk permainan seperti game, menonton video kartu, dan menonton youtube.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Faisal, M.Pd Pembimbing II: Junaidi, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Anak, Gadget, Keterampilan Sosial
Subjects: Hukum Islam > Sosial Islam > Perilaku Sosial
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 01 Jul 2022 03:40
Last Modified: 01 Jul 2022 03:40
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2621

Actions (login required)

View Item View Item