Peningkatan Kemampuan Siswa MI Gampong Meutia dalam Menulis Puisi Melalui Metode Karyawisata

Asmaul Husna, 1052016001 (2021) Peningkatan Kemampuan Siswa MI Gampong Meutia dalam Menulis Puisi Melalui Metode Karyawisata. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
ASMAUL HUSNA. 1052016001. PGMI. 2021.pdf

Download (790kB)

Abstract

Kemampuan menulis adalah keterampilan menuangkan ide, gagasan, perasaan dalam bentuk bahasa tulis sehingga orang lain yang membaca dapat memahami isi tulisan tersebut dengan baik. Melalui keterampilan menulis, siswa dapat menuangkan gagasan atau pengalaman pribadinya yang bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain. Salah satu wujud dari menulis indah ialah menulis puisi. Puisi adalah hasil upaya manusia untuk menciptakan dunia kecil dan spele dalam kata, yang bisa dimanfaatkan untuk membayangkan, memahami dan menghayati dunia yang lebih besar dan lebih dalam. Berdasarkan fakta dilapangan kemampuan siswa dalam menulis puisi masih dikatakan rendah. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini untuk melihat kemampuan siswa sebelum menggunakan metode (pre test), melihat kemampuan siswa setelah menggunakan metode karyawisata (post test), dan melihat peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis puisi. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menerapkan metode karyawisata. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA MI Gampong Meutia Kota Langsa yang terdiri dari 17 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Setelah data didapatkan lalu data dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses kemampuan siswa dalam menulis puisi pada kondisi awal memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Rata-rata siswa kurang mampu mengeluarkan imajinasi dan menggunakan kata majas. Proses kemampuan siswa dengan menggunakan metode karyawisata terlihat adanya perkembangan siswa dalam menulis puisi, siswa terlihat sangat antusias dalam pembelajaran. Mereka dapat melihat objek langsung untuk menentukan tema puisi, sudah mampu menggunakan kata majas walaupun sederhana. Dilihat dari nilai rata-rata kelas, pada kondisi awal memperoleh nilai rata-rata 68,17 setelah menggunakan metode nilai yang diperoleh 77,47. Terbukti bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menulis puisi setelah menggunakan metode karyawisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Chery Julida Panjaitan, M.Pd Pembimbing II: Junaidi, M.Pd. I
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis, Puisi, Metode Karyawisata
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:35
Last Modified: 30 Jun 2022 04:35
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2619

Actions (login required)

View Item View Item