Mulyadi, MA, 197707292006041003 (2022) Islamic Education Based on The Nature of Personality and The Potential of The Human Soul. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11 (2). pp. 489-506. ISSN 2252-8970
Text
2435-5801-1-PB.pdf Download (295kB) |
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menelaah secara filosofis, nilai-nilai pendidikan Islami melalui potensi kedirian dan potensi jiwa manusia. Hal ini didasarkan pada pandangan bahwa konsep ideal dalam bidang pendidikan, harus berbasis potensi kedirian dan potensi jiwa manusia. Sebab, tujuan mendasar dan sasaran pendidikan ialah membentuk kepribadian manusia yang utuh (integral) sesuai dengan fitrah kemanusiaan dalam mengembangkan potensi jiwa menuju tingkat ketakwaan kepada Sang Pencipta (Allah swt.). Temuan artikel ini menunjukkan bahwa pendidikan Barat terlalu fokus pada dimensi indrawi dan pengkajian objek material sehingga mengabaikan dimensi lainnya seperti emosional dan spiritualitas. Sehingga diperlukan alternatif konsep pendidikan Islami yang mampu memenuhi ragam dimensi jiwa mulai dari indra, imajinasi, emosi, dan spiritualitas. Pendidikan berbasis fitrah manusia mampu memenuhi kebutuhan esensial pendidikan karena mempertimbangkan segenap aspek kedirian dan kepribadian manusia sebagai makhluk biologis sekaligus makhluk spiritual. Pendidikan berbasis potensi jiwa dapat menjadi sistem pendidikan ideal karena memperhatikan pendidikan hati, akal, roh dan jiwa sebagai kesatuan sekaligus kemajemukan kedirian manusia. Segala potensi yang diperhatikan oleh pendidikan Islami integral dengan tujuan manusia diutus ke muka bumi yakni untuk menjadi khalifatullah. Fungsi tersebut adalah untuk memberikan kedamaian bagi segenap makhluk di alam semesta.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fitrah kemanusiaan, pendidikan islam, potensi jiwa; mulyadi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 03:04 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 03:04 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2612 |
Actions (login required)
View Item |