Erna Eviana, 1052017007 (2022) Pemanfaatan Kerangka Karangan dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Berbantu Media Audiovisual pada MIN 4 Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu keterampilan menulis adalah menulis cerita. Tujuan penelitian adalah mengetahui pemanfaatan kerangka karangan dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita berbantu media audio visual pada MIN 4 Langsa. Untuk mengetahui aktivitas guru setelah menggunakan pemanfaatan kerangka karangan dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita berbantu media audio visual pada MIN 4 Langsa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V MIN 4 Langsa, yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 21 siswa perempuan dan 13 orang siswa laki-laki. Teknik analisis data hasil observasi guru, siswa dan tes. Berdasarkan penelitian dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan kerangka karangan dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita berbantu media audio visual pada anak. Hasil pada rata-rata aktivitas guru pra siklus sebesar 59,02 %. Namun setelah dilanjutkan kesiklus 1 dan siklus 2 aktivitas guru dengan skor persentase rata-rata siklus 1 sebesar 85,11 % dan siklus 2 sebesar 92,71. Hasil aktivitas siswa selama pembelajaran pada pra siklus 60,41 %. Namun setelah dilanjutkan kesiklus 1 persentase rata-rata sebesar 83,33 dan siklus 2 sebesar 91,66%. Hal ini terlihat Pada saat proses pembelajaran siswa tampak lebih aktif dan semangat dalam mengikuti pembelajaran didalam kelas dari hasil nilai rata-rata tes pra siklus 41,00, siklus 1 62,23 dan siklus 2 82,32.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Zainuddin, MA Pembimbing II: Siti Habsari Pratiwi, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kerangka Karangan, Menulis Cerita dan Media Audio Visual |
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 08:14 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 08:14 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2604 |
Actions (login required)
View Item |