Mulyadi, MA, 197707292006041003 (2016) Koneksivitas Belajar Dengan Usia Dewasa dan Lansia. Jurnal At-Tarbawi : Media Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan, 8 (2). pp. 90-106. ISSN 2086-9754
Text
Jurnal At-Tarbawi.pdf Download (2MB) |
Abstract
Menurut Warul Walidin dalam bukunya Konstelasi Pemikiran Pedagogik ibnu Khaldun menjelaskan tentang konsep manusia bahwa dalam diri manusia mempunyai beberapa dwi matra diantaranya matra ragawi dan matra rohani ( spiritual) yang terdiri dari akal dan hati nurani, dengan bahasa lain bisa disebut bahwa manusia terdiri dari tiga unsur yaitu jasmani (jasad), akal dan hati nurani. Para psikologi berpendapat bahwa kebutuhan manusia bukan hanya kebutuhan fisik yaitu makan, minum, tidur, berpakaian yang layak dan kebutuhan-kebutuhan lainnya, berdasarkan hal ini pula manusia membutuhkan hal yangn universal yaitu kebutuhan untuk mendapatkan informasi-informasi secara ilmiah yang didapatkan melalui belajar. Keinginan ini terdapat pada setiap pribadi-pribadi atau kelompok-kelompok dan golongan sesuai degan tingkatan umur manusia itu sendiri. Selanjutnya dalam teori psikologi perkembangan dijelaskan bahwa manusia berkembang berdasarkan usia dibagi menjadi beberapa tahapan atau periode perkembangan yaitu : 1) Masa Prenatal; 2) Masa Bayi; 3) MAsa Kanak-Kanak; 4) Masa Pra Pubertas; 5) Masa Pubertas (remaja); 6) Masa Dewasa; 7) Masa Usia Lanjut. Dan susai dengan kebutuhan manusia pada umumnya maka pendidikan merupakan kebutuhan yang mutlak dan absolut.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Belajar; Usia Dewasa, Lansia |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 08:05 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 03:29 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2600 |
Actions (login required)
View Item |