Koneksivitas Belajar Dengan Usia Dewasa dan Lansia

Mulyadi, MA, 197707292006041003 (2016) Koneksivitas Belajar Dengan Usia Dewasa dan Lansia. Jurnal At-Tarbawi : Media Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan, 8 (2). pp. 90-106. ISSN 2086-9754

[img] Text
Jurnal At-Tarbawi.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://-

Abstract

Menurut Warul Walidin dalam bukunya Konstelasi Pemikiran Pedagogik ibnu Khaldun menjelaskan tentang konsep manusia bahwa dalam diri manusia mempunyai beberapa dwi matra diantaranya matra ragawi dan matra rohani ( spiritual) yang terdiri dari akal dan hati nurani, dengan bahasa lain bisa disebut bahwa manusia terdiri dari tiga unsur yaitu jasmani (jasad), akal dan hati nurani. Para psikologi berpendapat bahwa kebutuhan manusia bukan hanya kebutuhan fisik yaitu makan, minum, tidur, berpakaian yang layak dan kebutuhan-kebutuhan lainnya, berdasarkan hal ini pula manusia membutuhkan hal yangn universal yaitu kebutuhan untuk mendapatkan informasi-informasi secara ilmiah yang didapatkan melalui belajar. Keinginan ini terdapat pada setiap pribadi-pribadi atau kelompok-kelompok dan golongan sesuai degan tingkatan umur manusia itu sendiri. Selanjutnya dalam teori psikologi perkembangan dijelaskan bahwa manusia berkembang berdasarkan usia dibagi menjadi beberapa tahapan atau periode perkembangan yaitu : 1) Masa Prenatal; 2) Masa Bayi; 3) MAsa Kanak-Kanak; 4) Masa Pra Pubertas; 5) Masa Pubertas (remaja); 6) Masa Dewasa; 7) Masa Usia Lanjut. Dan susai dengan kebutuhan manusia pada umumnya maka pendidikan merupakan kebutuhan yang mutlak dan absolut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Belajar; Usia Dewasa, Lansia
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 28 Jun 2022 08:05
Last Modified: 29 Jun 2022 03:29
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2600

Actions (login required)

View Item View Item