Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Pembayaran Non Tunai pada E-Commerce (Studi Kasus di Kota Langsa)

T. Saipul Hadi, 4032016018 (2021) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Pembayaran Non Tunai pada E-Commerce (Studi Kasus di Kota Langsa). Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
T. SAIPUL HADI.4032016018.MKS.2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pengetahuan konsumen, kemudahan dan fitur layanan terhadap keputusan penggunaan. Sebanyak 100 responden terlibat dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Responden dipilih berdasarkan kriteria yaitu, pengguna e-commerce minimal 5 kali yang menggunakan Shopee, Tokopedia dan Lazada dalam satu tahun terakhir. Analisis Regresi Linear Berganda digunakan dalam penelitian ini sebagai metode untuk menganalisa data menggunakan software SPSS 16.0 (Statistical Package for Social Science). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan pembayaran non tunai pada e-commerce, ditunjukkan dengan nilai koefisien pendapatan (X1) bertanda positif yaitu 2.507 dan p-value kurang dari tingkat signifikansi (0.014 < 0.05). (2) Kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan pembayaran non tunai pada e-commerce, ditunjukkan dengan nilai koefisien kemudahan (X2) bertanda positif yaitu 3.023 dan p-value kurang dari tingkat signifikansi (0.003 < 0.05). (3) Fitur Layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan pembayaran non tunai pada e-commerce, ditunjukkan dengan nilai koefisien fitur layanan (X3) bertanda positif yaitu 3.409 dan p-value kurang dari tingkat signifikansi (0.001 < 0.05). Dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0.341 atau 34.1%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa 34.1% keputusan penggunaan dipengaruhi oleh pengetahuan konsumen, kemudahan dan fitur layanan, sedangkan sisanya 65.9% dipengaruhi oleh variabel bebas yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Early Ridho Kismawadi, MA Pembimbing II: Rifyal Dahlawy, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Konsumen, Kemudahan, Fitur Layanan, Keputusan Penggunaan, Pembayaran Non Tunai Dan E-Commerce
Subjects: Hukum Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 27 Jun 2022 03:17
Last Modified: 27 Jun 2022 03:17
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2589

Actions (login required)

View Item View Item