Pengembangan LKPD Materi Vektor Berbasis Kurikulum Aceh (Edutechnopreneur Islami) di SMK N 1 Karang Baru

Ayang Sari, 1032017002 (2021) Pengembangan LKPD Materi Vektor Berbasis Kurikulum Aceh (Edutechnopreneur Islami) di SMK N 1 Karang Baru. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
AYANG SARI. 1032017002. PMA. 2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan komponen yang penting dalam pembelajaran. Melalui LKPD pendidik akan mudah dalam melaksanakan pembelajaran dan peserta didik akan lebih terbantu dalam proses belajar. Pengembangan LKPD merupakan sebuah sistem. Sebagai sebuah sistem, maka pengembangan LKPD tentu terdiri dari berbagai komponen pembelajaran. LKPD yang dikembangkan secara umum dapat dikategorikan bagus, tetapi belum ada yang menjelaskan materi vektor berbasis Edutechnopreneur Islami. Edutechnopreneur Islami adalah kurikulum khusus untuk satuan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK) se-Aceh. Kurikulum yang dimaksud berupa pendidikan berbasis teknologi dan kewirausahaan Islami. LKPD yang dikembangkan adalah LKPD berbentuk modul. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. Pada tahap define terdapat analisis Front end yang dilakukan dengan metode wawancara. Pada tahap design peneliti mulai merancang LKPD. Pada tahap develop LKPD yang telah dibuat siap untuk divalidasi oleh validator untuk mengetahui kevalidan LKPD, pada tahap ini juga dilakukan uji coba produk untuk mengetahui kepraktisan LKPD dengan memberikan angket respon guru dan angket respon peserta didik, pada tahap ini juga akan dilihat keefektifan LKPD dengan memberikan tes kepada peserta didik. Setelah LKPD valid, praktis, dan efektif maka akan dilakukan tahap disseminate. Berdasarkan hasil analisis validasi dari para validator disimpulkan bahwa LKPD telah memenuhi kriteria kevalidan, yaitu berada pada rentang . Dengan demikian menunjukkan bahwa LKPD Cukup Valid. Hasil Uji kepraktisan menggunakan angket respon peserta didik menunjukkan bahwa persentase rata-rata respon terhadap LKPD adalah 81,85%, angka tersebut berada pada interval 80%-100% dengan kriteria kepraktisan, yaitu Sangat Praktis. Pada angket respon guru menunjukkan bahwa persentase rata-rata respon guru terhadap LKPD adalah 92,495%, angka tersebut berada pada interval 80%-100% dengan kriteria kepraktisan, yaitu Sangat Praktis. Berdasarkan hasil analisis peserta didik yang tuntas dalam belajar yaitu mencapai 66,67%, menurut kriteria keefektifan LKPD tersebut Cukup Efektif dengan kriteria Keefektifan yaitu 60,01% 80,00%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing I : Mazlan, M. Si Pembimbing II: M. Zaiyar, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan LKPD, Kurikulum Aceh (Edutechnopreneur Islami), Model 4D
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 14 Jun 2022 08:43
Last Modified: 14 Jun 2022 08:49
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2561

Actions (login required)

View Item View Item