Dr. Jelita, M.Pd, 196906051992032004 (2022) Plant Puzzle : How to Apply It to Increase Childrern’s Interest in Learning Science? Child Education Journal, 4 (1). pp. 50-60. ISSN 2685-189X
Text
Plant Puzzle.pdf Download (478kB) |
Abstract
Pembelajaran sains pada anak usia dini sebaiknya menitikberatkan pada proses pembelajaran yang menyenangkan. Namun, minat belajar anak dalam proses pembelajaran sains masih rendah; beberapa anak sibuk bermain sendiri, mengganggu temannya, mengerjakan pekerjaan lain, dan keluar masuk kelas dengan berbagai alasan saat pembelajaran sains berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar sains anak melalui media plant puzzle. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis-Taggart dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pesertanya adalah sepuluh anak usia 5-6 tahun di PAUD Al Faiz, Langsa, Aceh. Peneliti menggunakan lembar observasi dengan empat indikator yaitu minat belajar, perhatian, motivasi, dan pengetahuan untuk memperoleh data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar sains anak pada setiap siklusnya. Rata-rata skor anak dalam kategori berkembang sangat baik (BSB) mencapai 76%. Selain itu, aktivitas anak juga menunjukkan peningkatan yang signifikan selama proses belajar mengajar. Peneliti menyimpulkan bahwa media plant puzzle dapat meningkatkan minat belajar sains anak. Implikasi penelitian terkait keefektifan media plant puzzle pada pembelajaran selain sains perlu dikaji lebih lanjut.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat belajar anak; sains anak usia dini; media puzzle; puzzle tanaman; artikel; jelita |
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 07:35 |
Last Modified: | 02 Jun 2022 07:35 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2542 |
Actions (login required)
View Item |