Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Memilih Pembiayaan Akad Murabahah (Studi Kasus Pada Bank Aceh Syariah Cabang Pembantu Idi Rayeuk)

Dr. Junaidi, M.Ed., MA, 196912312009011038 (2017) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Memilih Pembiayaan Akad Murabahah (Studi Kasus Pada Bank Aceh Syariah Cabang Pembantu Idi Rayeuk). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM), 1 (1). pp. 1-30. ISSN 2797-7064

[img] Text
Faktor-faktor yang mempengaruhi minat Nasabah.pdf

Download (904kB)
Official URL: JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa (iainlangsa.ac.id)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat pelanggan dalam memilih pembiayaan akad murabahah di Bank Syariah Aceh Asisten Idi Rayeuk Cabang, dan bagaimana faktor-faktor ini secara parsial dan simultan mempengaruhi minat pelanggan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan deskriptif pendekatan penelitian. Untuk penentuan sampel digunakan probabiliy sampling teknik dengan metode random sampling. Sedangkan untuk menentukan sampel ukuran, dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh 88 responden sebagai penelitian Sampel. Selain itu, dalam pengumpulan data, penelitian ini mengacu pada dua sumber data primer (data diperoleh melalui penyebaran angket sebanyak 34 item pertanyaan dinilai dengan menggunakan skala likert), dan data sekunder (data diperoleh melalui dekumantasi). Data yang diperoleh di uji kelayakan dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Kemudian, untuk memeriksa hipotesis, digunakan uji analisis regresi berganda yang meliputi uji determinasi, uji F dan uji t. Akhirnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan faktor pelayanan, lokasi, dan promosi berpengaruh positif dan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dalam memilih pembiayaan akad murabahah. Selain itu, sebagian sekaligus menunjukkan bahwa pelayanan dan promosi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah. Terbukti dengan melihat nilai sig <0,05 (0,020<0,05) untuk pelayanan dan 0,019<0,05 untuk promosi, sedangkan faktor lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat memilih pembiayaan akad murabahah dibuktikan dengan nilai sig >0,05 (0,364>0,05).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Murabahah, pelayanan, lokasi, dan promosi, minat nasabah dalam memilih pembiayaan akad murabahah
Subjects: Muamalat > Perbankan Syariah
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 31 May 2022 04:45
Last Modified: 31 May 2022 04:45
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2524

Actions (login required)

View Item View Item