Muhammad Ridhai, 4012013094 (2021) Analisis Strategi Pegadaian Syariah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Kasus Unit Pegadaian Syariah Tualang Cut). Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
MUHAMMAD RIDHAI.4012013094.PBS.2021.pdf Download (7MB) |
Abstract
Pegadaian Syariah merupakan salah satu badan usaha di Indonesia yang secara resmi mempunyai ijin untuk melaksanakan kegiatan lembaga keuangan berupa pembiayaan dalam bentuk penyaluran dana kemasyarakan atas dasar hokum gadai. Suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang apa pun baik yang berorientasi terhadap perolehan laba jangka panjang maupun perusahaan nirlaba membutuhkan pemasaran. Pada umumnya masyarakat hanya memahami pemasaran sebagai sebuah penjualan. Padahal pemasaran itu mempunyai arti lebih luas karena pemasaran adalah suatu proses yang teratur dan jelas untuk memikirkan dan merencanakan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh Unit Pegadaian Syariah Tualang Cut dalam meningkatkan jumlah nasabah dan untuk mengetahui apakah strategi pemasaran yang diterapkan oleh Unit Pegadaian Syariah Tualang Cut tersebut dapat meningkatkan jumlah nasabah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara dengan Pengelola Unit Pegadaian Syariah Tualang Cut, dan dokumentasi melalui literatur-literatur kepustakaan, buku-buku, dan sumber lainnya yang relevan dengan penelitian ini. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut. Pertama, strategi pemasaran yang digunakan Unit Pegadaian Syariah Tualang Cut menggunakan strategi 4P: Produk, Price, Place, dan Promotion. Dalam hal produk dengan cara pengembangan produk Ar-Rahn menjadi ARRUM (Ar-Rahn untuk Usaha Mikro Kecil) dan pengoptimalan taksiran. Dalam hal harga, yaitu dengan memotong tarif Ijarah dari Rp. 85 menjadi Rp. 80 setiap Rp. 10.000 nilai taksiran. Dalam hal tempat ataupun lokasi, Unit Pegadaian syariah Tualang Cut sangat strategis karena berada di dipinggir jalan lintas Medan-Banda Aceh berada dekat dengan lokasi perbelanjaan. Dalam hal promosi, yaitu dengan periklanan, berupa leaflet, brosur, spanduk, souvenir, publisitas. Kedua, strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh Unit Pegadaian Syariah Tualang Cut ternyata mampu meningkatkan jumlah nasabah. Ini terbukti dengan peningkatan jumlah nasabah sebesar 90% dari sebelumnya
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Fahriansyah, Lc, MA Pembimbing II: Dr. Safwan Kamal, M.E.I |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Produk Gadai Syariah, Jumlah Nasabah |
Subjects: | Muamalat > Perbankan Syariah |
Divisions: | Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 18 May 2022 04:43 |
Last Modified: | 18 May 2022 04:43 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2494 |
Actions (login required)
View Item |