Penggunaan Model Time Token dalam Merangsang Aktivitas Pembelajaran PAI di SDN Tualang Teungoh

Aina Aprilia Saputri, 1012017002 (2021) Penggunaan Model Time Token dalam Merangsang Aktivitas Pembelajaran PAI di SDN Tualang Teungoh. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
JAINA APRILIA SAPUTRI. 1012017002. PAI. 2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Model Time Token adalah model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa untuk bertanya sehingga dapat menghindari siswa yang berbicara atau siswa yang diam sama sekali. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Bagaimana penggunaan, aktivitas belajar siswa dan guru serta hasil belajar siswa setelah menggunakan model time token pada pembelajaran PAI di SDN Tualang Teungoh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tualang Teugoh pada semester I Tahun Ajaran 2021-2022 yang berjumlah 12 orang. Pengumpulan data penelitian ini ditempuh dengan menggunakan teknik tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Time Token dimana guru memberikan kupon berbicara kepada siswa dengan waktu 30 detik/kupor. Kemudian siswa menjawab pertanyaan tersebut didepan kelas. Rata-rata aktivitas belajar siswa mendapat nilai 75,18 dengan kriteria B (Baik) sedangkan rata-rata aktivitas guru mendapat nilai 83,66 dengan kriteria SB (Sangat Baik). Hasil belajar siswa setelah menggunakan model Time Token meningkat, hal ini terbukti dengan nilai rata-rata ketuntasan belajar siswa 77,5 dengan kriteria B (Baik).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zulfitri, MA Pembimbing II: Fenny Anggreni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Time Token, Aktivitas Belajar, Pembelajaran PAI
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 13 May 2022 03:49
Last Modified: 13 May 2022 03:49
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2487

Actions (login required)

View Item View Item