Strategi Mahasiswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Mahasiswa PGMI IAIN Langsa Asal Aceh Tamiang)

Yulia Fitria, 1052017108 (2021) Strategi Mahasiswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Mahasiswa PGMI IAIN Langsa Asal Aceh Tamiang). Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
YULIA FITRIA.1052017108.PGMI.2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran daring pada era pandemi Covid-19 merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa tatap muka secara langsung antara dosen dan mahasiswa, tetapi dilakukan secara online dengan memanfaatkan jaringan internet. implementasi pembelajaran daring antara dosen dan mahasiswa dengan memanfaatkan jaringan internet memberi masalah baru bagi mahasiswa yang berdomisili di daerah pedalaman dengan keterbatasan jaringan internet. minimnya akses internet di daerah-daerah terpencil menjadi kendala bagi mahasiswa dalam melaksanakan KBM secara daring. Dengan demikian, selama proses pembelajaran daring mahasiswa yang tinggal di daerah pedalaman harus dapat menata strategi pembelajaran yang efektif dan efesien. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi mahasiswa pedalaman minim akses internet dalam menghadapi pembelajaran daring? Serta bagaimana dampak positif dan negatif pembelajaran daring bagi mahasiswa pedalaman minim akses internet?. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bersifat deskriptif. Subjek pada penelitian ialah mahasiswa PGMI IAIN Langsa semester VII dan IX asal Aceh Tamiang yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode instrumen wawancara dan dokumentasi langsung pada saat di lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi mahasiswa pedalaman minim akses internet dalam menghadapi pembelajaran daring yaitu dengan mencari ataupun mendatangi lokasi-lokasi yang memiliki kapasitas jaringan internet yang kuat dan stabil, kemudian memanfaatkan jaringan Wifi yang tersedia di daerah tempat mereka tinggal serta meminta kesediaan dosen untuk mengganti media pembelajaran yang awalnya menggunakan aplikasi kelas-kelas virtual seperti Zoom dan lainnya yang membutuhkan kualitas sinyal yang tinggi diganti menggunakan aplikasi pesan instan seperti Whatsapp. Dampak positif pembelajaran daring bagi mahasiswa pedalaman minim akses internet ialah bertambahnya wawasan mahasiswa dalam menggunakan gadget, menimbulkan kreatifitas mahasiswa dalam belajar, pembelajaran dapat diawasi langsung oleh orang tua, penggunaan handphone atau smartphone untuk hal yang bermanfaat, menghemat biaya transportasi, waktu dan tenaga serta terhindar dari bahaya penularan virus covid-19. Sedangkan dampak negatifnya adalah pembelajaran tidak dapat dilakukan secara efektif serta borosnya kuota internet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Yusaini, M.Pd Pembimbing II: Yustizar, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembelajaran Daring, Covid-19
Subjects: Pendidikan > Mahasiswa > Permasalahan Mahasiswa
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 13 May 2022 02:39
Last Modified: 13 May 2022 02:39
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2481

Actions (login required)

View Item View Item