Zuhra, 1052016073 (2020) Upaya Memperbaiki Kemampuan Komunikasi Anak Melalui Reciprocal Teaching Di Kelas IV MIN 3 Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
ZUHRA.1052016073.PGMI.2020.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa siswa masih sulit untuk diajak berkomunikasi ketika proses pembelajaran, siswa juga masih kurang percaya diri ketika menjelaskan kembali materi yang telah disampaikan oleh guru. Terlebih guru juga tidak menggunakan metode pengajaran khusus untuk mengajak siswa berkomunikasi yang aktif dan kreatif, serta guru juga jarang menggunakan media sebagai pendukung pembelajaran agar siswa lebih aktif memberikan tanggapan selama proses pembelajaran berlangsung. Akibatnya, pembelajaran menjadi kaku karena siswa hanya berfokus pada guru dan mendengarkan apa yang dijelaskan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat penerapan pendekatan pengajaran reciprocal (reciprocal approach) dapat memperbaiki kemampuan komunikasi anak di kelas IV MIN 3 Langsa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Adapun tempat dan waktu penelitian yaitu MIN 3 Langsa. Adapun waktu penelitian berlangsung bulan Januari hingga Februari 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Langsa. Selain itu, untuk mempermudah penelitian, peneliti akan menggunakan sampel agar data yang di dapat lebih akurat dan sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian ini. Sampel adalah sebagian dari populasi yang direduksi dalam suatu penelitian. Peneliti menggunakan random sampling untuk menentukan sampel dalam penelitian ini. Oleh karena itu, peneliti menentukan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV MIN 3 Langsa yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi dan tes. Pengamatan di MIN 3 Langsa dengan melakukan pengamatan langsung terhadap proses pembelajaran dan hasil yang telah dilaksanakan untuk menilai tingkat akurasi data dan informasi yang disampaikan oleh partisipan yang dianggap sebagai data. Sedangkan tes berbentuk essay sebanyak 5 soal. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa hasil tes pada tes awal yaitu siswa yang tuntas 42.10% pada tes awal, siklus I 68.42% dan siklus II yaitu 100%. Sedangkan siswa yang tidak tuntas pada tes awal yaitu 57.90%, pada siklus I 31.58% dan siklus kedua tidak ada siswa yang tidak tuntas. Oleh karena itu, upaya mempebaiki kemampuan komunikasi anak melalui reciprocal teaching di kelas IV MIN 3 Langsa dapat dikatakan baik dalam proses pembelajaran. Hasil ini sesuai dengan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Amma Zahrina yang telah melakukan penelitian berjudul “Penerapan Model Reciprocal teaching terhadap Komunikasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Iqbal, S.Ag, M.Pd Pembimbing II: Rita Sari, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi, Reciprocal Teaching, MIN 3 Langsa |
Subjects: | Umum > Komunikasi |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 06:55 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 06:55 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2383 |
Actions (login required)
View Item |