ZULHAMNI, 110905194 (2014) KETELADANAN GURU AGAMA DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI MTS SWASTA TIMBANG LANGSA. Skripsi thesis, IAIN ZAWIYAH COT KALA LANGSA.
|
Text
110905194.ZULHAMNI.PAI.pdf Download (822Kb) | Preview |
Abstract
Guru sebagai pendidik merupakan gerbang awal dalam membentuk kepribadian siswa. Guru agama harus bisa menjadi teladan akhlak bagi para muridnya, tidak saja memberikan materi pembelajaran, tapi juga menunjukkan perilaku yang baik sehingga dapat dijadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah. Pendidikan akhlak memegang peran sentral karena memproses manusia untuk memiliki keseimbangan religius. Dalam suatu lembaga penddikan sangat berpengaruh besar pada pembentukan karakter seorang anak. Dari latar belakang penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut: 1.) Bagaimana Keteladanan Guru Agama Islam dalam Membentuk Akhlak siswa di MTS Swasta Timbang Langsa? 2.) Bagaimana hasil keteladanan Guru Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa di MTS Swasta Timbang Langsa? Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun yang menjadi populasi keseluruhan siswa dan guru yang ada dalam di sekolah MTS Swasta Timbang Langsa, penelitian ini menggunakan purposive sampling. Jadi, yang menjadi sampel yaitu orang yang dianggap lebih memahami keteladanan guru terhadap siswa yaitu guru PAI orang yang di anggap penting di dalam bidang pendidikan Islam. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dua cara yaitu: wawancara dan observasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Mahyiddin,MA Pembimbing II : Yaser Amri,MA |
Uncontrolled Keywords: | GURU, AKHLAK, TIMBANG LANGSA |
Subjects: | Hukum Islam > Akhlak Pendidikan > Pendidikan Islam Pendidikan > Pengajar/Guru Pendidikan > Murid |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 05 Oct 2015 02:43 |
Last Modified: | 05 Oct 2015 02:43 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/235 |
Actions (login required)
View Item |