Analisis Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur'an Di TAUD LUKMANUL HAKIM Langsa

IDA WAHYUNI, 1062017033 (2021) Analisis Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur'an Di TAUD LUKMANUL HAKIM Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
IDA WAHYUNI. 1062017033. PIAUD. 2021.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang digunakan dalam pembelajaran tahfidzul Qur'an di TAUD Lukmanul Hakim Langsa. Mengetahui penerapan metode tersebut dalam pembelajaran tahfidzul Qur'an di TAUD Lukmanul Hakim Langsa. Mengetahui kendala apa saja dalam penerapan metode pembelajaran tahfidzul Qur'an di TAUD Lukmanul Hakim Langsa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) yaitu suatu penyelidikan yang dilakukan dalam kehidupan atau objek yang sebenarnya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah pengajar atau guru tahfidz Qur'an 1 orang dan murid 8 orang dalam 1 kelompok di TAUD Lukmanul Hakim Langsa. Adapun pembahasan dan kesimpulan adalah Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode talqi dan tahsin. Dalam proses pembelajaran tahfidz Qur'an di TAUD Lukmanul Hakim Langsa metode yang digunakan oleh guru dan para anak adalah: a) Metode tahsin atau sorogan dalam proses pelaksanaannya dilakukan dengan cara para anak membaca ayat al'Qur'an yang ingin dihafalkannya didepan guru, dan guru menyimaknya. b) Metode talqin atau mushafahah dilakukan dengan cara guru membaca ayat al-Qur'an terlebih dahulu kemudian diikuti oleh para anak. c) Metode membaca berulang-ulang, dengan cara anak diminta untuk membaca ayat yang dihafalkannya secara berulang-ulang, baru setelah itu dihafal. d) Metode setoran atau talqi digunakan oleh para anak untuk menyetor hafalan barunya kepada guru dengan tujuan agar guru mengetahui hasil hafalan para anak. e) Metode tahsin (pengulangan), dilakukan dengan cara para anak mengulang kembalia ayat-ayat al-Qur'an yang pernah dihafalkannya yang dibimbing oleh gurunya dengan tujuan hafalan ayat al-Qur'an sebelumnya tidak hilang dari ingatannya. Kendala penerapan metode dalam pembelajaran tahfidz al-qur'an di TAUD Lukmanul Hakim Langsa kurangnya alokasi waktu dalam menerapkan beberapa metode pembelajaran tahfidz. Kendala-kendala inilah yang menghambat kelancaran penerapan metode pembelajaran tahfidz sehingga menyebabkan hasil pembelajaran tahfidz para anak di TAUD Lukmanul Hakim Langsa ini belum mencapai hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mutia Rahmah, MA Pembimbing II: Nur Asma, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur'an
Subjects: Pendidikan > Analisis Pendidikan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 18 Mar 2022 04:21
Last Modified: 18 Mar 2022 04:21
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2341

Actions (login required)

View Item View Item