Penerapan Model Flipped Classroom Berbantuan Kinemaster Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Statistika Di SMP Negeri 1 Karang Baru

JIHAN PRATIWI AIDITA, 1032017027 (2021) Penerapan Model Flipped Classroom Berbantuan Kinemaster Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Statistika Di SMP Negeri 1 Karang Baru. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
JIHAN PRATIWI AIDITA.1032017027.PMA.2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1.bagaimana pemahaman konsep siswa setelah menggunakan model flipped classroom di SMPN 1 Karang Baru, 2. Bagaimana aktivitas guru dalam pembelajaran dengan menggunakan model flipped classrom di SMPN 1 Karang Baru. 3. Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan model flipped classroom di SMPN 1 Karang Baru. 4. Bagaimana respon siswa dalam dalam pembelajaran matematika dengan model flipped classroom di SMPN 1 Karang Baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa SMPN 1Karang Baru kelas VIII-G dengan jumlah siswa 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar angket respon siswa dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pemahaman konsep matematika siswa setelah diterapkannya model flipped classroom menunjukan ke dalam kategori amat baik dengan rata-rata nilai pemahaman konsep siswa dalam materi statistika yaitu 80,16. Pada aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata tiap kategori (RTK) tergolong dalam kreteria baik. Kemudian pada aktivitas siswa dalam proses pembelajaran memperoleh rata-rata keseluruhan dengan presentase 56,25 berada pada kategori cukup baik, dan yang terakhir dengan respon siswa setelah pembelajaran menunjukkan rata-rata persentase sebesar 82,67%, hal ini menunjukan bahwa lebih dari 80% siswa memberikan respon yang sangat positif dengan model pembelajaran yang diterapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mazlan, M.Si Pembimbing II: fAISAL, M.Pd
Uncontrolled Keywords: model flipped classroom, statistika, pemahaman konsep.
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 08 Feb 2022 09:03
Last Modified: 08 Feb 2022 09:03
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2288

Actions (login required)

View Item View Item