Penerapan Model Pembelajaran Langsung Dengan Media Animasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa MIS Paya Bujok Tunong Langsa

ANNISA' RAMADHANTI, 1052017038 (2021) Penerapan Model Pembelajaran Langsung Dengan Media Animasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa MIS Paya Bujok Tunong Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
ANNISA' RAMADHANTI.1052017038.PGMI.2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Minat belajar merupakan kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu tanpa ada yang memaksa, minta dan menyuruhnya. Dari hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di MIS Paya Bujok Tunong dengan subjek penelitian siswa/siswi kelas V, terdapat permasalahan di lapangan yaitu rendahnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Beberapa hal yang menunjukkan kurangnya minat belajar yaitu: Siswa tidak memahami materi, kurangnya perhatian siswa ketika guru sedang menjelaskan materi, siswa cepat bosan dan jenuh, materi yang sulit dipahami, siswa kurang antusias ketika proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa masih di bawah KKM. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya minat belajar siswa menurut pengamatan peneliti. Diantaranya, guru tidak bervariasi dalam menggunakan media pembelajaran, guru masih menerapkan model pembelajaran konvensional sehingga pembelajaran hanya berlangsung satu arah, guru hanya menjelaskan materi tanpa memberikan umpan balik pada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan model pembelajaran langsung dengan media animasi dapat meningkatkan minat belajar siswa?. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi atau Quasy Experimental dengan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pre test post test. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V MIS Paya Bujok Tunong berjumlah 16 orang dengan sampel penelitian terdiri dari 16 orang menggunakan teknik sampling total. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Sederhana yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan minat belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran langsung dengan media animasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, lembar observasi dan angket. Berdasarkan analisis data pada persamaan regresi dimana minat belajar siswa kelas V tidak diberi perlakuan apapun memiliki nilai sebesar 3.414. Namun, ketika diberikan perlakuan penerapan model pembelajaran langsung dengan media animasi maka minat belajar siswa akan meningkat sebesar 0.511. Dari persamaan regresi dapat diketahui terjadi peningkatan minat belajar siswa. Pada pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai Sig. 0.000 < 0,05 yang berarti terdapat peningkatan minat belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran langsung dengan media animasi. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Rita Sari,M.Pd. Pembimbing II: Fenny Anggreni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Langsung, Media Animasi, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 02 Feb 2022 06:28
Last Modified: 02 Feb 2022 06:28
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2269

Actions (login required)

View Item View Item