Dr. Yenny Suzana, M.Pd, 196801211990032001 (2020) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Melalui Lesson Study. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 4 (1). pp. 81-91. ISSN 2614-0500
Text
JIPI_4_1_2020.pdf Download (644kB) |
Abstract
Lesson study merupakan suatu kegiatan yang dilakukan guru secara kolaboratif dalam merencanakan proses pembelajaran yang kreatif, efektif dan komunikatif agar tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai. Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA diamati dengan menggunakan pendekatan sainstifik yaitu kemampuan siswa dalam mengamati objek, menyampaikan pertanyaan, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan materi pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui lesson study di MIN 3 Langsa dan MIN 2 Aceh Tamiang. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini terdiri dari 60 orang siswa kelas V yang berasal dari 30 orang siswa MIN 3 Langsa dan 30 orang siswa MIN 2 Aceh Tamiang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui lembar pengamatan yang berjumlah 15 item yang terdiri dari 5 indikator aktivitas belajar. Data dianalisis dengan membandingkan skor rata-rata dari setiap item dengan skor maksimum dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA di kedua Madrasah Ibtidaiyah yaitu 32,98% MIN 2 Aceh Tamiang dan 42,16% MIN 3 Langsa. Dengan demikian dapat disimpulkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA dapat ditingkatkan melalui lesson study.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas belajar siswa, Lesson study, pembelajaran IPA, Yenny Suzana, Artikel |
Subjects: | Pendidikan > Siswa > Motivasi Belajar Siswa |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 02:53 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 02:53 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2257 |
Actions (login required)
View Item |