Dr. Yenny Suzana, M.Pd, 196801211990032001 (2021) Development Of Learning Device Approach Realistic Mathematics To Improve Mathematical Communication Skills Of Students. International Journal Of Humanities Education And Social Sciences (IJHESS), 1 (2). pp. 22-28. ISSN 2808-1765
Text
Development Of Learning Device Approach Realistic Mathematics.pdf Download (667kB) |
Abstract
Tulisan ini merupakan artikel tentang penelitian pendidikan matematika. Produk penelitian pengembangan perangkat ini adalah pembelajaran pendidikan matematika realistik yang valid, praktis dan efektif, yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran pendidikan matematika yang realistik yang valid, praktis dan efektif. Desain penelitian digunakan adalah 4-D. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 SMP Negeri 27 Medan T.A. 2020/2021. Hasil dari proses pengembangan perangkat pembelajaran tersebut adalah (1) pendidikan pembelajaran matematika realistik dan pembelajaran termasuk dalam kategori valid; (2) kriteria pembelajaran pendidikan matematika realistik dengan menggunakan perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi; dan (3) kriteria efektivitas perangkat pembelajaran pendidikan matematika realistik berdasarkan: (a) ketuntasan belajar siswa dalam gaya klasik sebesar 85,71%; (b) kriteria pencapaian penggunaan waktu pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi; (c) kriteria pencapaian kemampuan guru mengelola pembelajaran termasuk dalam kategori baik; dan (d) banyak siswa yang memberikan respon positif terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran telah tercapai.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Matematika Realistik, Komunikasi Matematika, Yenny Suzana, Artikel |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 02:46 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 02:46 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2256 |
Actions (login required)
View Item |