Dr. Yenny Suzana, M.Pd, 196801211990032001 (2020) Pembelajaran Matematika dan Internalisasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Matematika, 8 (3). pp. 168-181. ISSN 2338-1183
Text
21194-50017-1-PB (2).pdf Download (295kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai karakter dalam topik matematika pada pembelajaran tematik Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini melibatkan dua orang guru kelas, 15 orang murid kelas empat dan satu orang kepala sekolah. Dalam menguji keabsahan data digunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika pendekatan tematik sudah dilaksanakan, dalam topik matematika pembelajaran menyesuaikan dengan tema yang sedang dijalankan, pembelajaran matemtika sudah menerapkan nilai-nilai karakter sesuai dengan tema. akan tetapi pembelajaran tematik hanya diterapkan pada kelas rendah yaitu kelas 1, 2 dan 3 untuk kelas tinggi 4-6 masih menerapkan semi tematik. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik membantu guru dalam menerapkan penddidikan karakter dalam pembelajaran matematika sesuai dengan tema.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | materi matematika; nilai karakter; pembelajaran tematik; Yenny Suzanna; Artikel |
Subjects: | Matematika > Matematika Terapan Matematika > Topik Khusus Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 02:09 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 02:09 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2254 |
Actions (login required)
View Item |