Khalida Sari, 2012016054 (2021) Pembebanan Kerugian Kepada Konsumen pada Jasa Laundry ditinjau dari Etika Bisnis Islam di Kota Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
KHALIDA SARI.2012016054.HES.2020.pdf Download (3MB) |
Abstract
Seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan perkembangan zaman, masyarakat lebih memilih cara yang praktis dan efisien sebagai gaya hidup mereka, seperti memilih jasa laundry pakaian tidak menyita waktu, diantaranya layanan jasa laundry yang ada di kota Langsa di beberapa kecamatan. Ada berbagai kesalahan yang diluar dugaan dalam jasa laundry seperti pakaian rusak, hilang, kelunturan dan lain-lainnya, sehingga akan merugikan konsumennya. Demikian yang terjadi pada beberapa layanan jasa laundry yang ada di Kota Langsa dimana pemilik jasa laundry yang masih ada yang mengembalikan barang yang cacat atau rusak ataupun hilang. Berkaitan dengan masalah tersebut berarti hak-hak konsumen yang bersifat abstrak tidak terpenuhi diantaranya hak atas pelayanan yang layak dan kenyamanan dalam menggunakan jasa laundry. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana pembebanan kerugian terhadap kerusakan dan kehilangan barang dalam pelaksanaan jasa laundry di Kota Langsa kepada konsumen ?, (2). Bagaimana Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap pembebanan kerugian atau kerusakan dan kehilangan barang dalam pelayanan jasa laundry di Kota Langsa?. Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui pembebanan kerugian terhadap kerusakan dan kehilangan barang dalam jasa laundry di Kota Langsa kepada konsumen yang mengalami kerugian. (2). Untuk mengetahui Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap pembebanan kerugian atau kerusakan dan kehilangan barang dalam pelayanan jasa laundry di Kota Langsa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang objeknya mengenai gejala-gejala atau peristiwa – peristiwa yang terjadi pada kelompok masyarakat. Hasil dari penelitian pembebanan kerugian terhadap konsumen jasa laundry masih ada beberapa jasa laundry yang tidak teliti dalam menjalankan tugas di jasa laundry, sehingga terjadinya kesalahan dari jasa laundry yang berdampak terhadap konsumen yang merugikan konsumen. Dilihat dari Etika Bisnis Islam terdapat beberapa prinsip etika bisnis Islam yang belum dilakukan dalam melaksanakan jasa laundry dan tidak sesuai sehingga mengakibatkan kerugian terhadap konsumen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Anizar, MA Pembimbing II:Muhammad Alwin Abdillah, Lc, LLM |
Uncontrolled Keywords: | Konsumen Etika Bisnis Islam |
Subjects: | Hukum Islam > Etika Bisnis dalam Islam |
Divisions: | Fak. Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah) |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 03:38 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 03:38 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/2226 |
Actions (login required)
View Item |