AGUS MOULINA, 1052015028 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOORPERATIF DAN KECERDASAN NATURALIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA MIN 3 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
AGUS MOULINA.1052015058.PGMI.2020.pdf Download (2MB) |
Abstract
Keberhasilan proses belajar mengajar dapat di ukur dari keberhasilan siswa yang mangikuti kegiatan pembelajaran. Keberhasilan tersebut dapat dilihat dari tingkat pemahaman materi dan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran IPA siswa dituntutuntuk benar-benar aktif, sehingga daya ingat siswa tentang apa yang telah dipelajari akan lebih baik. Model pembelajaran koorperatif dan kecerdasan naturalis adalah pembelajaran yang mengutamakan kebermaknaan belajar dan efektivitas dalam membuat kerangka kerja aktivitas secara konseptual kognitifnya. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran koorperatif dan kecerdasan naturalis terhadap hasil belajar IPA siswa MIN 3 Langsa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian desain ranomized control group prettes-posttes dengan menggunakan pembagian dua kelompok penelitian yaitu kelompok penelitian eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran koorperatif dan kecerdasan naturalis dan kelompok penelitian kontrol menggunakan metode pengumpulan data berupa tes, sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik undian yaitu dengan membuat gulungan kertas yang berisi semua populasi dari semua kelas IV, kemudian diambil dua gulungan kertas, gulungan kertas yang pertama kelas eksperimen yaitu kelas IVA dan gukungan kertas kedua sebagai kelas kontrol yaitu kelas IVB. Instrumen yang digunakan adalah tes yang berbentuk uraian dengan jumlah 5 butir soal. Berdasarkan hasil hipotesis Tabel diatas menjelaskan besarnya nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,752, dari oautput tersebut diperoleh koefesien determinasi (R Square) sebesar 0,566, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 56,6%. Dari output tersebut dapat diketahui bahwa nilai Fhitung=28,686 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000<0,05 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima: yaitu terdapat pengaruh Model koorperatif dan kecerdasan Naturalis Terhadap Hasil belajar IPA Siswa MIN 3 Langsa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Dr. Muhaini, MA Pembimbing II:Rita Sari, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN KOORPERATIF DAN KECERDASAN NATURALIS |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 09:35 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 09:35 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1896 |
Actions (login required)
View Item |