IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MAN 2 LANGSA

HASANUDDIN, 1012015069 (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MAN 2 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
HASANUDDIN.1012015069.PAI.2019.pdf

Download (4MB)

Abstract

Al-Qur’an adalah sebuah kitab yang teratur tata cara membacanya, mana yang dipendekkan, dipanjangkan, dipertebal atau diperhalus ucapannya, di mana tempat yang terlarang atau yang boleh, atau harus memulai dan berhenti, bahkan diatur lagu dan iramanya, sampai pada etika membacanya. Tahfidz Al-Qur’an merupakan suatu program baru yang diterapkan disekolah, pada pelaksanaannya banyak siswa yang merasa keberatan denganadanya program tahfidz tersebut. Hal itu dikarenakan belum terbiasa, kurangmotivasi, dan beberapa dari mereka belum lancar dalam membaca Al-Qur’an.Al-Qur’an merupakan kitab Allah yang harus dibaca secara khusus dan sesuaidengan bacaan yang telah diturunkan Allah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program tahfidzul Qur’an di MAN 2 Langsa serta faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan program tahfidzul Qur’an di madrasah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan pendekatan studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri 2 Langsa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dan berdasarkan data yang diperoleh tersebut peneliti analisis menggunakan analisis deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan atau menggambarkan apa adanya hasil temuan di lapangan terkait pelaksanaan program tahfidzul Qur’an di MAN 2 Langsa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MAN 2 Langsa telah melaksanakan program tahfidzul Qur’an. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan peneliti memperoleh temuan-temuan antara lain manfaat yang dirasakan oleh siswa, guru, maupun orang tua, penetapan alokasi waktu dan pembagian materi hafalan, metode menghafal yang digunakan guru dalam pembelajaran cukup beragam. Pelaksanaan program tahfidzul Qur’an dapat terlaksana dengan baik karena adanya faktor pendukung dari segi usia anak didik, lingkungan belajar yang cukup baik, dukungan dari guru maupun orang tua, serta fasilitas yang cukup memadai dan kegiatan pendukung di luar KBM. Di dalam melaksanakan program terdapat kendala-kendala atau penghambat terlaksananya program tahfidz di madrasah. Adapun faktor penghambat terlaksananya program tahfidz tersebut yaitu dari segialokasi waktu, kurang dapatnya siswa mengatur waktu, faktor lupa, serta lingkungan pergaulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Ahmad Fauzi, M.Ag Pembimbing II:Fakhrurrazi, MA
Uncontrolled Keywords: TAHFIDZUL QUR’AN
Subjects: Hukum Islam > Alquran dan Hadis
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 25 Feb 2021 09:08
Last Modified: 25 Feb 2021 09:08
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1893

Actions (login required)

View Item View Item