MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GEOMETRI BERBANTUAN GEOGEBRA

YUNITA SARI, 1032014034 (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GEOMETRI BERBANTUAN GEOGEBRA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
YUNITA SARI.1032014034.PMA.2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi geometri dengan berbantuan aplikasi Geogebra; (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa saat pembelajaran dengan berbantuan aplikasi Geogebra terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; (3) Untuk mengetahui respon siswa saat pembelajaran dengan berbantuan aplikasi Geogebra terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 5 Ranto Peureulak Tahun Ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 89 orang. Sedangkan sampel penelitian adalah kelas VIII.2 yang berjumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk uraian yang terdiri dari 5 butir soal. Berdasarkan hasil ujicoba validitas dan reliabilitas tes disimpulkan bahwa instrumen memenuhi syarat untuk pengumpulan data dalam penelitian ini. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi geometri dengan berbantuan aplikasi GeoGebra yang dibuktikan bahwa hasil uji-t One-Sample Test ditemukan nilai t = –19,713 dengan derajat kebebasan (df) = 21 sehingga thitung = 19,713 > ttabel = 2,080 maka H0 ditolak. Sedangkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 = 5% sehingga H0 ditolak dan Ha diterima; (2) Aktivitas belajar siswa tergolong cukup dengan rata-rata penilaian adalah 71,8% dengan kategori cukup (3) Respon siswa terhadap pembelajaran adalah menyukai dan senang terhadap pembelajaran yang dilakukan yang berada pada persentase antara 51% - 75% yang dikategorikan sebagian besar siswa menyukai dan membuat siswa senang terhadap pembelajaran yang dilakukan pada materi persamaan garis lurus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Sabaruddin, M.Si Pembimbing II:Khairatul Ulya, M.Ed
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Subjects: Matematika > Geometri
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 23 Feb 2021 02:52
Last Modified: 23 Feb 2021 02:52
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1856

Actions (login required)

View Item View Item