PENERAPAN METODE AN-NAHDLIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 LANGSA

SUDARIYANA, 1012016090 (2021) PENERAPAN METODE AN-NAHDLIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SUDARIYANA.1012016090.PAI.2020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada dasarnya kegiatan mempelajari al-qur’an itu sangat penting bagi anak-anak di usia dini agar mereka bisa memahami Al-Qur’an dengan baik. Namun kenyataannya masih banyak sekali anak-anak yang tidak paham dan tidak bisa membaca atau menulis Al-Qur’an dengan baik seperti yang peneliti temui di SMP Negeri 1 Langsa bahwa siswa-siswi disana masih sangat kurang sekali dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. Ada beberapa faktor yang membuat merekan lalai dalam mempelajari Al-Qur’an diantaranya adalah pengaruh media sosial, faktor lingkungan dan metode pembelajaran yang kurang menarik dan membosankan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menawarkan satu metode yaitu metode cepat tanggap belajar Al-Qur’an an-nahdliyah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode An-Nahdliyah dapat meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an di kelas VII SMP Negeri 1 Langsa. Rancangan penelitian yang akan penulis gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil evaluasi pada siklus I masih belum tuntas, sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II. Refleksi siklus I dilakukan untuk menentukan langkah-langkah perbaikan pada siklus II. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1) Penerapan metode an-Nahdliyah untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa dapat dikatakan berhasil. Hal ini terbukti dari hasil pada siklus I sebesar 53,33 yang tergolong cukup, tetapi pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 86,67 yang tergolong sangat baik sekali. 2) Kesiapan guru dalam mengajar menggunakan metode an-Nahdliyah sangatlah baik. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi yang dilakukan oleh pengamat (observer) pada siklus I sebesar 77,08 dan meningkat pada siklus II sebesar 95,83, dengan kata lain tidak ada kendala bagi guru dalam menerapkan metode an-Nahdliyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Mahyiddin, MA Pembimbing II:Nurhanifah, MA
Uncontrolled Keywords: METODE AN-NAHDLIYAH
Subjects: Hukum Islam > Alquran dan Hadis > Ilmu-ilmu Alquran > Tajwid
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 23 Feb 2021 02:46
Last Modified: 23 Feb 2021 02:46
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1854

Actions (login required)

View Item View Item