SITI ROHAYATI, 1052016070 (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI METODE STRUKTUR ANALITIK SINTETIK BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF DI KELAS 1 MIN 2 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
SITI ROHAYATI.1052016070.PGMI.2019.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada peserta didik kelas 1 MIN 2 Langsa. Metode Pembelajaran Struktur Analitik Sintetik (SAS) adalah salah satu metode pembelajaran yang mendorong peserta didik tampil aktif dan kreatif, dalam proses pembelajaran menulis yang berbantuan dengan media kartu huruf sehingga peserta didik tampil berani dalam belajar. Masalah yang ditemukan bahwa masih banyak peserta didik yang rendah dalam menulis permulaan, serta terdapat tulisan terbalik dan tulisan masih jauh dari kata baik dan rapi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart kemudian subjek penelitian peserta didik kelas 1 MIN 2 Langsa tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 31 peserta didik, yang terdiri dari 16 peserta didik lakilaki dan 15 peserta didik perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdahulu ini menunjukkan bahwa ada peningkatan pada kemampuan menulis permulaan dengan tema diriku pada setiap pertemuan dan setiap siklusnya. Hasil ini dibuktikan bahwa dari penjumlahan nilai pra siklus bahwa ada 10 peserta didik dalam menulis permulaan yang tuntas nilai KKM dengan nilai ketuntasan klasikal 32,35% dengan nilai rata-rata 58. Sedangkan pada siklus I observasi aktivitas guru (peneliti) dengan persentase rata-rata 74%, pada aktivitas peserta didik mendapat nilai persentase 71,42%. Hasil tes pada siklus I terdapat 20 peserta didik tuntas dengan ketuntasan klasikal 65% dengan nilai rata-rata 69. Kemudian pada siklus II hasil observasi aktivitas guru dengan nilai persentase rata-rata 91%, pada observasi aktivitas peserta didik dengan nilai persentase rata-rata 90,25%. Hasil tes padasiklus II mengalami peningkatan yang sangat besar terdapat 29 peserta didik tuntas dengan ketuntasan klasikal 94% dengan nilai rata-rata 84. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode SAS berbantuan media kartu huruf dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam menulis permulaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Drs. Zainuddin, MA Pembimbing II:Nina Rahayu, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | STRUKTUR ANALITIK SINTETIK |
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 02:43 |
Last Modified: | 23 Feb 2021 02:43 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1853 |
Actions (login required)
View Item |