POLA BIMBINGAN ORANG TUA BAGI ANAK PECANDU APLIKASI INSTAGRAM PADA GADGET DI GAMPONG TEUNGOH KECAMATAN LANGSA KOTA KOTA LANGSA

SAHFITRIANI, 3022014022 (2019) POLA BIMBINGAN ORANG TUA BAGI ANAK PECANDU APLIKASI INSTAGRAM PADA GADGET DI GAMPONG TEUNGOH KECAMATAN LANGSA KOTA KOTA LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SAHFITRIANI.3022014022.BKI.2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sekarang ini. Kehadiran media sosial memudahkan arus lalu lintas informasi mengenai apa saja dengan mudah menyebar kepada setiap orang. Kondisi tersebut mengubah cara berkomunikasi masyarakat. Penggunaan media sosial yang menunjukkan eksistensi diri yang berlebihan ini perlu mendapatkan pendampingan yang intensif terutama bagi anak di bawah umur. Studi ini bertujuan untuk menggali pola bimbingan orang tua dalam mengatasi anak pecandu aplikasi instagram dan hambatan orang dalam mengatasi kecanduan instagram pada gadget di Gampong Teungoh Kecamatan Langsa Kota Kota Langsa. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi terhadap data tentang gambaran umum Gampong Teungoh dan wawancara kepada anak yang berusia 7 – 12 tahun dan orang tua yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil dan Pedagang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola bimbingan yang dilakukan oleh orang tua kepada anak pecandu aplikasi instagram pada gadget di Gampong Teungoh Kecamatan Langsa Kota Kota Langsa adalah orang tua memberi kebebasan kepada anak dalam menggunakan gadget namun mereka juga memberikan batasan waktu, apabila anak tidak patuh orang tua juga memberikan hukuman dengan menyita gadgetnya. Orang tua memberi contoh atau teladan kepada anaknya dengan cara mengarahkan anaknya untuk melihat hal-hal yang bersifat pendidikan saat menggunakan instragram. Orang tua memberi contoh atau teladan kepada anaknya dengan cara mengarahkan anak supaya lebih kreatif dalam menggunakan instagram. Orang tua memberi kebebasan kepada anaknya dalam menggunakan gadget, namun mereka terlebih dahulu membuat kesepakatan dengan anak dan memberikan batasan waktu kepada mereka dalam bermain gadget. Orang tua memberi contoh atau teladan kepada anak dengan cara memberikan penjelasan kepada anak tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilihat dan diunggah melalui instagram. Orang tua memberi hukuman yang mendidik kepada anaknya dengan cara menambah waktu anak mengikuti pelajaran tambahan diwaktu malam dan Orang tua memberi contoh atau teladan kepada anaknya dengan cara membimbing anaknya untuk lebih bertanggung jawab terhadap pelajaran mereka di sekolah. Anak bermain instagram karena mengikuti perkembangan zaman dan respon anak terhadap pola bimbingan orang tua adalah resistensi secara tertutup untuk tetap bermain gadget tanpa sepengetahuan orang tua. Kesulitan yang dihadapi oleh orang tua dalam melakukan pola bimbingan kepada anak pecandu gadget adalah anak-anak menjadi kecanduan dalam bermain gadget karena pengaruh mengikuti teman di sekolah dan teman sepermainan di lingkungan mereka tinggal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Ramly M. Yusuf, MA Pembimbing II:Dedy Surya, S.Pd.I, M.Psi
Uncontrolled Keywords: POLA BIMBINGAN ORANG TUA
Subjects: Islam Umum > Bimbingan Islami
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 22 Feb 2021 04:24
Last Modified: 22 Feb 2021 04:24
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1841

Actions (login required)

View Item View Item