ERNA, 1052015004 (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN DEKLAMASI MELALUI PEMODELAN PADA SISWA KELAS IV MIN 4 KOTA LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
ERNA 1052015004.PGMI.2020.pdf Download (1MB) |
Abstract
Selama ini pembelajaran membaca puisi yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia masih banyak yang monoton, sehingga perlu adanya perubahan dalam meningkatkan keterampilan belajar khususnya dalam mendeklamasikan puisi. Sebenarnya, banyak model pembelajaran yang bisa diterapkan guru kepada siswa dalam melatih deklamasi puisi. Salah satunya menggunakan metode pemodelan. Dengan pemodelan, siswa dapat memperhatikan serta mempraktekkan sendiri sesuai yang dilihat dari guru. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan deklamasi siswa melalui pemodelan pada kelas IV MIN 4 Kota Langsa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas 4 MIN Langsa berjumlah 33 siswa. Selanjutnya, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan dua siklus, setiap siklus akan diambil kesimpulan tingkat kemampuan yang terjadi pada siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: pertama, berdasarkan hasil observasi kepada siswa dan guru terdapat peningakatan kemampuan siswa dalam membaca puisi secara deklamasi setelah menerima pelajaran dari guru menggunakan metode pemodelan. Kedua, pelaksanaan pembelajaran deklamasi puisi tanpa menggunakan metode pemodelan, peningkatan kemampuan siswa dalam berdeklamasi masih rendah dan ketuntasan belajar siswa pada empat aspek deklamasi yaitu pelafalan, intonasi, penghayatan dan penampilan masih 18 % yang tuntas. Sedangkan pada pada pelaksanaan pembelajaran deklamasi puisi menggunakan metode pemodelan, peningkatan kemampuan siswa dalam berdeklamasi sudah mulai tinggi dan ketuntasan belajar siswa pada empat aspek deklamasi yaitu pelafalan, intonasi, penghayatan dan penampilan sudah naik menjadi 65,90 % yang tuntas. Dengan demikian berarti penggunaan metode pemodelan dalam pembelajaran deklamasi puisi dapat meningkatkan kemampuan deklamasi puisi pada siswa di MIN 4 Langsa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Drs. Junaidi, M.Ed, MA Pembimbing II:Siti Habsari Pratiwi, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN DEKLAMASI |
Subjects: | Pendidikan > Siswa > Motivasi Belajar Siswa |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 03:20 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 03:20 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1832 |
Actions (login required)
View Item |