PENERAPAN METODE TIMELINE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-I DI MTsS GEUDUBANG ACEH

ISNATURRAHMI, 1012015042 (2020) PENERAPAN METODE TIMELINE DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-I DI MTsS GEUDUBANG ACEH. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
ISNATURAHMI.1012015042.PAI.2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sebagian besar siswa pada saat proses belajar berlangsung, masih terlihat tidak tertarik pada mata pelajaran Sejarh Kebudayaan Islam, sehingga hal ini dapat berpengaruh kepada hasil belajar siswa. Maka dari itu diperlukannya metode yang sesuai agar siswa lebih tertarik dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penggunaan metode Timeline dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsS Geudubang Aceh. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Siswa Kelas VII-I Setelah Penerapan Metode Timeline. (3) Untuk mengetahui kendala yang terjadi saat proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan melalui beberapa siklus dimana tiap siklus yang dilakukan akan di analisis secara sederhana, kemudian diadakan perbaikan pada siklus selanjutnya sampai tujuan dari penelitian yang direncanakan tercapai. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII-I yang berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan menggunakan metode Timeline peserta didik lebih memahami materi pembelajaran, dan siswa dapat lebih mudah dalam mengurutkan tahun serta rentetan-rentetan peristiwa yang terjadi. Hasil belajar siswa juga meningkat, hal ini terlihat dari perbandingan hasil yang diperoleh pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II. Pada Pra Siklus terdapat 4 orang siswa yang mampu mencapai nilai KKM dengan persentase 14.81%, Pada Siklus I hanya 11 siswa, yaitu dengan persentase 40.74%. Skor rata-rata aktivitas siswa mencapai 3 yang menunjukkan kategori kurang sedangkan skor rata-rata aktivitas guru mencapai 3 yang berkategori kurang. Sedangkan pada Siklus II, hasil belajar siswa yang diproleh sudah sangat meningkat, hal ini dapat dilihat karena 24 dari 27 siswa nilainya sudah mencapai KKM dengan perolehan Persentase 88.88%. Skor rata-rata aktivitas siswa mencapai 4 yang menunjukkan kategori sangat baiksedangkan skor rata-rata aktivitas guru mencapai 4 yang berkategori sangat baik. Penelitian ini menjelaskan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Penerapan Metode Timeline Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Mahyiddin, MA Pembimbing II:Nazliati, M.Ed
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 22 Feb 2021 02:52
Last Modified: 22 Feb 2021 02:52
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1829

Actions (login required)

View Item View Item