FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNGGULAN BERSAING INDUSTRI KERIPIK DI KOTA LANGSA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

YULITA, 4022016025 (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNGGULAN BERSAING INDUSTRI KERIPIK DI KOTA LANGSA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
YULITA.4022016025.EKS.2020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Industri kecil keripik merupakan industri kecil yang bergerak pada produk makanan ringan yang mengolah ubi menjadi keripik yang merupakan salah satu pendapatan masyarakat. Namun walaupun demikian pelaku industri kecil keripik di Kota Langsa mengalami penurunan permintaan. Banyak pelaku industri kecil keripik di Kota Langsa yang tidak aktif mempromosikan hasil produksi di jaringan media sosial dan kurangnya perhatian mereka terhadap kualitas produk yang ditawarkan. Tujuan penelitian ini adalah menguji dan menganalisis pengaruh dari kualitas produk, promosi, dan harga yang mempengaruhi keunggulan bersaing pada industri kecil keripik di Kota Langsa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan sifat penelitian ini menggunakan tingkat eksplanasi asosiatif. Penelitian ini menggunakan metode Total Sampling atau sampel jenuh atau seluruh populasi yang akan dijadikan sampel yang terdiri dari 45 responden. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini yaitu pemilik industri kecil keripik di Kota Langsa. Data penelitian dikumpulkan melalui koesioner. Analisis data menggunakan regresi berganda, uji hipotesis untuk hipotesis pertama sampai hipotesis keempat dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara persial kualitas produk berpengaruh poitif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dengan nilai thitung sebesar 2.132 dan nilai probabilitas yang dihitung 0.039 < 0.05. Secara persial promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dengan nilai thitung sebesar 2.250 dan nilai probabilitas yang dihitung 0.030 < 0.05. Secara persial harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dengan nilai thitung sebesar 2.065 dan nilai probabilitas yang dihitung 0.045 < 0.05. dan nilai koefesien determinasi (R2 ) sebesar 0.572 atau 57.2%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa 57.2% keunggulan bersaing dipengaruhi oleh kualitas produk, promosi dan harga, sedangkan sisanya 42.8% dipengaruhi oleh variabel bebas yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Mulyadi, MA Pembimbing II:Zikriatul Ulya, M.Si
Uncontrolled Keywords: EKONOMI SYARIAH
Subjects: Hukum Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 07 Jan 2021 03:19
Last Modified: 07 Jan 2021 03:19
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1794

Actions (login required)

View Item View Item