BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE BERCERITA TENTANG SEJARAH RASUL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN AGAMA ANAK-ANAK DI TK NURUL HUDA

NUR AZIZAH, 3022014057 (2019) BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE BERCERITA TENTANG SEJARAH RASUL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN AGAMA ANAK-ANAK DI TK NURUL HUDA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
NUR AZIZAH.3022014057.BKI.2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Prilaku islami merupakan aspek rohaniah yang wajib ditanamkan kepada setiap anak. Hal ini diperlukan agar terbentuk pribadi anak yang shaleh dan shaleha dan menjalankan kehidupannya dengan penuh penghayatan dari nilai-nilai agama atau berakhlakul karimah. Sudah menjadi tanggung jawab sebuah lembaga pendidikan untuk memberi pengajaran kepada peserta didiknya untuk lebih berperilaku islami. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan metode tertentu untuk membuat proses belajar mengajar menjadi menyenangkan dan mudah dipahami oleh peserta didiknya. Salah satu cara yang dapat diterapkan untuk meningkatkan perilaku islami anak yaitu dengan membentuk bimbingan kelompok dengan metode bercerita tentang sejarah para Rasul. Sejarah para Rasul banyak memberikan pelajaran bagi manusia untuk hidup sesuai dengan aturanaturan yang diperintahkan oleh Allah yang dapat dicontoh dari sifat dan sikap yang ditunjukkan sehari-hari. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok dengan metode bercerita tentang sejarah para Rasul pada anak-anak di TK Nurul Huda, dan bagaimanakah efektivitas bimbingan kelompok dengan metode cerita dalam meningkatkan perilaku islami anak-anak di TK Nurul Huda. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, penelitu menggunakan teknik analisis melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, bimbingan kelompok dengan metode bercerita tentang sejarah para Rasul dalam meningkatkan perilaku islami anak-anak di TK Nurul Huda dilaksanakan dengan cara sebelum belajar dimulai terlebih guru menyiapkan buku cerita dan bergambar, kemudian membentuk kelompok untuk membuat proses belajar lebih menyenangkan, lalu mengarahkan para siswa untuk menggerakkan tubuh sesuai dengan arahan guru, dan terakhir melakukan pengulangan sekilas saat cerita akan berakhir, serta memberikan kesimpulan kepada siswa setelah selesai bercerita. Efektivitas dari bimbingan kelompok dengan metode bercerita yaitu, mampu terbentuknya pribadi yang lebih mengenal kepribadian para Rasulnya, lebih bersabar, patuh dengan segala perintah baik dari perintah guru, orang tua, dan Tuhan, kemudian siswa menjadi lebih santun dalam berbicara, dan menunjukkan sifat dan sikap bersyukur terhadap apa yang mereka terima dan mereka miliki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Mawardi Siregar, MA Pembimbing II:Mulizar, M.TH
Uncontrolled Keywords: PEMAHAMAN AGAMA ANAK-ANAK
Subjects: Islam Umum > Bimbingan Islami
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 17 Dec 2020 07:38
Last Modified: 17 Dec 2020 07:38
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1763

Actions (login required)

View Item View Item