NUR AFIFAH, 1012012107 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 3 RANTO PEUREULAK KABUPATEN LANGKAT. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
NUR AFIFAH.1012012107.PAI.2019.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kemandirian belajar adalah suatu bentuk belajar yang berpusat pada kreasi siswa dari pengalaman penting dalam belajarnya selama di sekolah. Saat ini pendekatan pembelajaran yang sudah mulai diterapkan di kelas VIII SMP Negeri 3 Ranto Peureulak untuk kemandirian belajar siswa adalah model pendekatan pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI). Dengan adanya kemampuan siswa yang berbeda-beda menjadikan model Aptitude Treatment Interaction (ATI) lebih baik jika dibanding model lain, karena model Aptitude Treatment Interaction (ATI) menerapkan materi dengan mengutamakan kesesuaian treatment-treatment yang dikembangkan pembelajaran dengan perbedaan kemampuan (aptitude) siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction terhadap kemandirian belajar siswa di SMP Negeri 3 Ranto Peureulak. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Ranto Peureulak dengan menggunakan metode eksperimen. Dalam penelitian ini, ditetapkan dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu VIII 2 dan VIII I masing-masing berjumlah 30 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa : Terdapat pengaruh yang siginifikan antara model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap kemandirian belajar siswa di SMP Negeri 3 Ranto Peureulak. Alasannya dikarenakan dapat membuat perubahan besar dari nilai pre test dan post test pada kelas VIII 1 mengalami perubahan nilai pre test dan post test dari 52,33 menjadi 89,66. Nilai pre test menjadi variabel X, sedangkan nilai post test menjadi variabel Y. Sehingga diperoleh nilai r xy = 0, 62 dan selanjutnya nilai thitung = 1,81. Setelah nilai thitung diperoleh, maka tabel distribusi nilai t dengan = 0,05 dan derajat kebebasan (dk = n-1). Ternyata ttabel bernilai 0, 62 dan nilai thitung sebelumnya adalah 1, 81. Jadi jelaslah bahwa nilai thitung ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Dr. Legiman, M.Ag Pembimbing II:Nurmawati, Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | APTITUDE TREATMENT INTERACTION |
Subjects: | Pendidikan > Siswa > Perilaku Siswa |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 03:13 |
Last Modified: | 17 Dec 2020 03:13 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1755 |
Actions (login required)
View Item |