STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF GURU WALI KELAS MAN 2 LANGSA DALAM MENANGANI SISWA BOLOS SEKOLAH

SYAMSIDAR, 3012014073 (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF GURU WALI KELAS MAN 2 LANGSA DALAM MENANGANI SISWA BOLOS SEKOLAH. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SYAMSIDAR.1012016033.KPI.2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Proses komunikasi merupakan aktivitas yang mendasar bagi manusia sebagai mahluk sosial. Dalam proses komunikasi tersebut mencakup sejumlah komponen atau unsur, salah satu komponen atau unsur tersebut adalah pesan. Pesan adalah keseluruhan daripada apa yang disampaikan oleh komunikator. Pesan yang disampaikan komunikator adalah pernyataan sebagai panduan pikiran dan perasaan, dapat berupa ide, informasi keluhan, keyakinan, himbauan, anjuran dan sebagainya. Pernyataan tersebut dibawakan oleh lambang, umumnya bahasa. Dikatakan bahwa umumnya bahasa yang dipergunakan untuk menyalurkan pernyataan itu, sebab ada juga lambang lain yang dipergunakan, antara lain gerakan anggota tubuh, gambar, warna, dan sebagainya. Melambaikan tangan, mengedipkan mata, mencibirkan bibir, atau menganggukkan kepala adalah kiat yang merupakan lambang untuk menunjukkan perasaan atau pikiran seseorang. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) faktor apa saja yang melatarbelakangi siswa untuk membolos di MAN 2 Langsa?. (2) bagaimana strategi komunikasi persuasif guru wali kelas MAN 2 Langsa dalam menangani siswa bolos sekolah?. Berdasarkan permasalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif guru wali kelas MAN 2 Langsa dalam menangani siswa bolos sekolah. Adapun metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah: kualitatif deskriptif yakni penyajian hasil penelitian melalui deskripsi hasil observasi, wawancara dan dokumentasi untuk melihat strategi komunikasi persuasif guru wali kelas MAN 2 Langsa dalam menangani siswa bolos sekolah. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: faktor yang melatarbelakangi siswa untuk membolos di MAN 2 Langsa ada dua yaitu: faktor dari dalam diri siswa (Internal). Faktor Eksternal Strategi komunikasi persuasif guru wali kelas MAN 2 Langsa dalam menangani siswa bolos sekolah, antara lain: strategi asosiasi, strategi integrasi, strategi ganjaran, strategi tataan, strategi guru kelas untuk meraih kemenangan dalam perdebatan dengan mengelakkan argumentasi yang lemah untuk kemudian mengalihkannya sedikit demi sedikit ke aspek yang dikuasainya guna dijadikan senjata ampuh untuk menyerang argumen siswa yang berdalih memilih bolos dari pada berada dalam kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. H. Sulaiman Ismail, M.Ag Pembimbing II:Bahtiar, MA
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KOMUNIKASI
Subjects: Umum > Komunikasi
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 03 Dec 2020 09:05
Last Modified: 03 Dec 2020 09:05
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1728

Actions (login required)

View Item View Item