PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

DESI MANJA SARI, 1032014109 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
DESI MANJA SARI.1032014109.PMA.2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi memegang peranan penting dalam aktivitas penggunaan matematika yang dipelajari peserta didik. Aktifitas tersebut adalah aktivitas ketika peserta didik dihadapkan dengan suatu permasalahan matematika kemudian tertantang untuk mengenali, memahami serta berusaha untuk menemukan penyelesaian. Setelah penyelesaian ditemukan selanjutnya hasil perlu disampaikan kepada orang lain, sehingga kemampuan komunikasi tematik diperlukan untuk diinformasikan serta memaknaihasil pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran generatif terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa, bagaimana respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran generatif. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. populasinya seluruh kelas VII Siswa SMP Negeri 5 Kejuruan Tahun Ajaran 2018/2019 terdiri dari 3 kelas jumlah siswa 92 orang, dan sampel penelitian diambil menggunakan teknik simple random sampling, kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan VII-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 dan 27 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk uraian terstruktur terdiri dari 5 butir soal yang telah divalidasi oleh siswa kelas IX-1. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji anova satu jalur. berdasarkan hasil pengujian diperoleh Fhitung = 4,02 dan Ftabel = 1,88 sehingga Fhitung > Ftabel yaitu 4,02 > 1,88, dengan taraf signifikan a = 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran generatif adalah 94,44% dan yang tidak menyukai 5,56%. diharapkan bagi para pembaca atau pihak yang berprofesi sebagai guru, agar penelitian ini menjadi bahan masukan dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Yusaini, M.Pd Pembimbing II:Fitriani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN GENERATIF
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 18 Nov 2020 08:04
Last Modified: 18 Nov 2020 08:04
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1712

Actions (login required)

View Item View Item