MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 ACEH TAMIANG

TIKA MULIANI, 1012016045 (2020) MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 ACEH TAMIANG. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
TIKA MULIANI.1012016045.PAI.2020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sebelum kurikulum 2013 diterapkan di MAN2 Aceh Tamiang kepala sekolah sudah memberikan pelatihan/workshop kepada guru-guru mengenai kurikulum 2013, namun hanya saja setelah kepala sekolah melakukan pelatihan tentang kurikulum 2013 masihada guru yang belum memahami mengenai kurikulum 2013. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1)bagaimana strategi kepala sekolah dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Aceh Tamiang, 2) apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi kepala sekolah dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Aceh Tamiang. Tujuan dalam penelitian adalah 1)untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Aceh Tamiang, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi kepala sekolah dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Aceh Tamiang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitia dapat disimpulkan bahwa strategi kepala sekolah dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Madrasah AliyahNegeri 2 Aceh Tamiang sudah berjalan dengan baik hal ini terlihat pada perencanaan kepala sekolah menyediakan fasilitas sarana dan prasarana,sebelum kurikulum 2013 di implementasikan guru-guru yang ada di MAN 2 Aceh Tamiang harus mengikuti sosialisasi dan pelatihan mengenai kurikulum 2013, pada pengorganisasian kepala sekolah melakukan pembagiaan tugas, serta menentukan dari seluruh guru yang ada di MAN 2 Aceh Tamiang siapakah guru yang akan mengikuti sosialisasi dan diklat kurikulum 2013, pada pelaksanaan kepala sekolah menyediakan sarana-prasarana untuk proses pembelajaran, menanamkan kompetensi dan karakter yang di mulai dari diri sendiri yaitu kepala sekolah, pada pengawasan kepala sekolah ikut serta pada kegiatan sosialisasi kembali mengenai kurikulum 2013, kepala sekolah mengawasi pendidik ketika proses pembelajaran sedang berlangsung dan pada evaluasi kepala sekolah mengadakan rapat rutin yang dilaksanakan pada awal bulan. Faktor penghambat yang dihadapi kepala sekolah diantaranya keterbatasannya sarana dan prasarana seperti alat-alat olahraga dan infocus yang belum memadai dan bahan ajar terkhusus pada kelas agama yang belum lengkap. Faktor penghambat berikutnya yaitu belum terdapatnya guru geografi dan guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)di MAN 2Aceh Tamiang. Faktor pendukung pelaksanaan kurikulum di MAN 2 Aceh Tamiang terjalinnya hubungan yang baik antara kepala sekolah, guru dan staff yang ada di MAN 2 Aceh Tamiang. Faktor pendukung berikutnya yaitu lingkungan yang mendukung, MAN 2 Aceh Tamiang yang berada diatas perbukitan sehingga jauh dari kebisingan.Dan faktor pendukung yang ketiga yaitu hampir semua guru diMAN 2 Aceh Tamiang mengajar sesuai dengan latar pendidikannya masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Razali Mahmud, MM Pembimbing II:Hamdani, MA
Uncontrolled Keywords: KURIKULUM 2013
Subjects: Pendidikan > Metode Pendidikan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 18 Nov 2020 07:35
Last Modified: 18 Nov 2020 07:35
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1709

Actions (login required)

View Item View Item