VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA MADRASAH ALIYAH SWASTA

Dr. Nurmawati, M.Pd, 198101122008012015 (2018) VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA MADRASAH ALIYAH SWASTA. Tazkir ; Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 4 (1). pp. 171-190. ISSN 2442-7004

[img] Text
Kecemasan Mtk Report.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen kecemasan belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey yaitu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAS Raudhatun Najah Langsa yang berjumlah 138 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes yaitu dengan menggunakan instrumen angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis multivariat yaitu analisis faktor dengan metode Principal Components Analisis (PCA). Hasil penelitian melalui analisis faktor diperoleh nilai KMO-MSA sebesar 0,670, karena nilai KMO-MSA lebih dari 0,5 berarti data tersebut memenuhi syarat untuk analisis faktor. Selanjutnya dari 31 item pertanyaan yang dinilai layak untuk bisa mengikuti uji berikutnya sebanyak 21 item. Setelah dilakukan analis faktor, 21 item pertanyaan tersebut telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas untuk instrumen kecemasan belajar matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Validity, Reliability, Students’ Anxiety In Learning Mathematics
Subjects: Pendidikan > Permasalahan Dalam Pendidikan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 17 Nov 2020 03:12
Last Modified: 17 Nov 2020 03:12
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1682

Actions (login required)

View Item View Item