EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE IBRAH MAU'IDZAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NEGERI 2 ACEH TAMIANG

AULIA RAVINDA PESSA, 1012014031 (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE IBRAH MAU'IDZAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NEGERI 2 ACEH TAMIANG. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
AULIA RAVINDA PESSA.1012014031.PAI.2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada pendidikan Sekolah Menengah Pertama terdapat Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang standar kurikulumnya berbeda dengan SMP begitu juga dengan mata pelajarannya. Pada kesempatan ini peneliti melakukan penelitian pada mata pelajaran akidah akhlak. Pelajaran tambahan ini masih belum dapat tempat dihati siswa hal ini dikarenakan pembelajaran yang dilakukan oleh guru setempat hanya menerapkan metode ceramah. Oleh karena itu, peneliti menerapkan metode yang berbeda yaitu metode ibrah mau’idzah. Metode Ibrah Mau’idzah merupakan metode pembelajaran nasehat yakni suatu metode pendidikan dan pengajaran dengan cara motivasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam satu tindakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-3 MTs Negeri 2 Aceh Tamiang yang terdiri dari 33 siswa. Instrumen tang digunakan terdiri dari lembar soal berbentuk essay dan lembar observasi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa persentase aktivitas guru dalam mengajar mencapai 71% sedangkan aktivitas siswa dalam belajar hanya mencapai 67%. Hasil tes siklus I mencapai 48,48% dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 16 orang.berdasarkan hasil tersebut, maka peneliti perlu melaksanakan siklus II. Hasil siklus II menunjukkan bahwa persentase aktivitas guru dalam mengajar meningkat menjadi 90% sedangkan aktivitas siswa dalam belajar meningkat menjadi 87,5% dan hasil tes akhir pembelajaran di siklus II juga meningkat menjadi 87,9% dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 29 orang, sehingga hasil belajar siklus I dan siklus II mencapai peningkatan hingga 80,24%. Jadi, karena pada pembelajaran siklus II prestasi belajar siswa telah mengalami peningkatan mencapai kriteria yang telah ditetapkan, maka peneliti tidak perlu melaksanakan siklus III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Ibrah Mau’idzah efektifuntuk meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada materi adap terhadap orang tua dan guru. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes yang meningkat melebihi angka 70 yang merupakan nilai KKM sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Fr. Muhaini, MA Pembimbing II:Fakhrurrazi, MA
Uncontrolled Keywords: IBRAH MAU'IDZAH
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:05
Last Modified: 23 Dec 2020 03:05
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1606

Actions (login required)

View Item View Item