KHAIRUNNISA, 1052014010 (2018) PENGARUH GADGET TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI MIN 2 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
KHAIRUNNISA.1052014010.PGMI.2018.pdf Download (2452Kb) | Preview |
Abstract
Gadget merupakan sebuah alat mekaniks yang terus mengalami pembaharuan (upgrade) selain untuk membantu memudahkan kegiatan manusia gadget juga menjadi gaya hidup masyarakat modern. Salah satu gadget yang hampir setiap orang miliki dan senantiasa dibawa pada kehidupan sehari-hari adalah handphone. Gadget adalah (elektronik) teknologi kecil yang memiliki fungsi khusus tetapi sering diasosiasikan sebagai sebuah inovasi atau barang baru. Gadget selalu diartikan lebih tidak biasa atau didesain secara lebih pintar dibandingan dengan teknologi normal pada masa penemuannya. Gadget merupakan salah satu teknologi yang sangat berperan di era globalisasi sekarang ini. Sekarang gadget bukanlah benda yang asing lagi, hampir setiap orang memilikinya, tidak hanya masyarakat perkotaan, gadget juga dimiliki oleh masyarakat perdesaan. Terlebih bagi anak yang perekonomian tingkat menengah atas, Seperti di MIN 2 Langsa, dimana mayoritas orang tua mereka menengah keatas. Banyak dari mereka menggunakan gadget, baik itu milik pribadi, ataupun anggota keluarga. Sedangkan pendidikan karakter memiliki esensi (hakikat) dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan pendidikan akhlak. Tujuannya adalah membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang baik, masyarakat dan warga negara yang baik. Pendidikan karakter dilakukan melalui pendidikan nilai-nilai atau kebajikan yang menjadi nilai dasar budaya dan karakter bangsa. Kebajikan yang menjadi atribut suatu karakter pada dasarnya adalah nilai. Oleh karena itu, pendidikan karakter pada dasarnya adalah pengembangan nilai-nilai yang berasal dari pandangan hidup atau ideologi bangsa Indonesia, agama, budaya, dan ilai-nilai yang terumuskan dalam tujuan pendididkan nasional. Pembentukan karakter seorang anak butuh waktu dan komitmen dari orangtua dan sekolah atau guru untuk mendidik anak menjadi pribadi yang berkarakter. Butuh upaya, waktu dan cinta dari lingkungan yang merupakan tempat dia bertumbuh, cinta. Semakin seringnya anak menggunakan gadget, sedikit banyaknya pasti berpengaruh terhadap pendidikan karakter mereka. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan penelitian bagaimana pengaruh gadget ini terhadap pendidikan karakter di MIN 2 Langsa. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskritif kualitatif dimana peneliti berusaha untuk menguraikan temuan hasil penelitian dengan menggunakan kata-kata atau kalimat dalam suatu struktur yang logik. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, data display dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan bahwa gadget tidak berpengaruh terhadap pendidikan karakter siswa/i kelas IV A MIN 2 Langsa, dikarenakan tidak ada perubahan yang signifikan terhadap 18 sikap pendidikan karakter siswa/i MIN 2 Langsa yang menggunakan gadget.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Drs. H. M. Yunus Ibrahim, M.Pd Pembimbing II: Junaidi, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | GADGET, KARAKTER, MIN 2 LANGSA |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 23 Jan 2019 02:44 |
Last Modified: | 23 Jan 2019 02:44 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1569 |
Actions (login required)
View Item |