RIMA SRI RAHAYU , 1032011110 (2018) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF INDUKTIF SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN MENGGUNAKAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING DI KELAS X SMAS PLUS AMAL PEREULAK. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
RIMA SRI RAHAYU.1032011110.PMA.2018.pdf Download (2396Kb) | Preview |
Abstract
Matematika menjadi salah satu bidang studi yang mempunyai peranan penting dalam pendidikan. Belajar matematika mampu meningkatkan kompetensikompetensi matematis yang ada dalam diri siswa. Penalaran (reasoning) adalah salah satu pondasi dari matematika. Bila kemampuan bernalar tidak dikembangkan pada siswa, maka bagi siswa matematika hanya akan menjadi materi yang mengikuti serangkaian prosedur dan meniru contoh-contoh tanpa mengetahui maknanya. Akan tetapi pada kenyataannya, bahwa matematika dan proses penalaran yang terkandung didalamnya memang peranan penting dalam pembentukan sumber daya manusia, ternyata bertolak belakang dengan fakta yang terjadi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran siswa laki-laki dan siswa perempuan yang menggunakan model Collaborative Learning di kelas X SMAS Plus Amal Peureulak. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design, yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan salah satu teknik Probability Sampling yaitu untuk memberikan peluang yang sama pada setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Salah satu teknik Probability Sampling tersebut adalah Sampling Jenuh. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji-t, dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh, bahwa pada hipotesis nilai atau 2,580 > 1,721. Berdasarkan hipotesis, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa terima dan tolak . Artinya, terdapat perbandingan yang signifikan antara kemampuan penalaran adaptif induktif siswa laki-laki dan siswa perempuan yang diajarkan dengan model Collaborative Learning. Dengan kata lain, bahwa rata-rata kemampuan penalaran adaptif induktif siswa laki-laki yang diajarkan dengan menggunakan model Collaboratif Learning lebih baik dari pada rata-rata kemampuan penalaran adaptif induktif siswa perempuan yang diajarkan dengan menggunakan model Collaboratif Learning pada taraf signifikan 0,05.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Drs. Basri Ibrahim, M.Pd Pembimbing II: Wahyuni, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF INDUKTIF, LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN, MODEL COLLABORATIF LEARNING |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 23 Jan 2019 02:56 |
Last Modified: | 23 Jan 2019 02:56 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1568 |
Actions (login required)
View Item |