PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN PROBING PROMTING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK SISWA KELAS XI MAN GAMPONG TEUNGOH LANGSA

YANTI GUSPITA , 1032010079 (2016) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN PROBING PROMTING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK SISWA KELAS XI MAN GAMPONG TEUNGOH LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
YANTI GUSPITA.1032010079.2016.pdf

Download (1268Kb) | Preview

Abstract

Teknik pembelajaran probing promting adalah pembelajaran dengan cara guru menyajikan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali sehigga terjadi proses berpikir yang mengaitkan pengetahuan tiap siswa dan pengalamannya dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari, selanjutnya siswa mengkontruksi konsep-konsep prinsip dan aturan menjadi pengetahuan baru. Kemampuan koneksi matematik adalah kemampuan untuk mengaitkan ide matematik dengan ide lain, baik yang terdapat dalam matematika, dalam disiplin ilmu lain, maupun dalam konteks kehidupan nyata. NCMT mengklasifikasikan kemampuan koneksi matematik ke dalam tiga jenis, yaitu a) koneksi antar topik matematika, b) koneksi dengan disiplin ilmu yang lain, dan c) koneksi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan koneksi matematik siswa dengan menggunakan teknik pembelajaran probing promting lebih tinggi dibandingkan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen peneliti melakukan kegiatan pembelajarn sesuai dengan langkah-langkah teknik probing promting, sedangkan pada kelas kontrol peneliti melakukan pembelajaran secara konvensional. Adapun peneliti melakukan tes sebanyak 2 kali pada masing-masing kelas yaitu pre-test di awal pembelajaran dan post-test diakhir pembelajaran. Berdasarkan hasil tes diperoleh rata-rata nilai post-test yaitu 74,65 untuk kelas eksperimen dan 49,57 untuk kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai = 10,74 dan = 1,99 dengan kriteria pengujian - ≤ ≥ + maka ditolak dan diterima yaitu terdapat pengaruh dari pembelajaran probing promting terhadap kemampuan koneksi matematik siswa pada pembelajaran matematika di kelas XI IPA MAN Gampong Teungoh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Drs. Zainuddin, MA Pembimbing II: Iqbal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: TEKNIK PEMBELAJARAN PROBING PROMTING
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 11 Jan 2019 07:42
Last Modified: 11 Jan 2019 07:42
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1551

Actions (login required)

View Item View Item