YULIA NOVITA , 1032014104 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTsS AL IKHLAS TANAH TERBAN. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
YULIA NOVITA.1032014104.PMA.2018.pdf Download (2496Kb) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Treffinger dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di MTsS Al Ikhlas Tanah Terban. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Metode quasi eksperimen adalah metode penelitian yang dilakukan untuk menguji hipotesis tentang ada tidaknya pengaruh suatu tindakan bila dibandingkan dengan tindakan lain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsS Al Ikhlas Tanah Terban. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik Random Sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah dua kelas, yaitu kelas VIIIA dan kelas VIIIB masing-masing kelas berjumlah 26 orang. Kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol yang keseluruhannya berjumlah 52 orang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model pretest postest control group design dengan satu macam perlakuan. Didalam model ini sebelum dimulai perlakuan kedua kelompok diberi tes awal atau pretest untuk mengukur kondisi awal(T1). Selanjutnya pada kelompok eksperimen diberi perlakuan(X) dengan menerapkan model Treffinger dan pada kelompok kontrol tidak diberi perlakuan. Sesudah selesai perlakuan kedua kelompok diberi tes lagi sebagai posstest(T2). Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh rata-rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 34,42 dan 29,12, sedangkan rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 84,27 dan 71,04. Hal ini menujukkan bahwa kemampuan awal siswa sebelum diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran relative lebih rendah, namun setelah diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran yang berbeda antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka terdapat peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis. Hal tersebut juga didasarkan pada nilai yaitu 4,57 pada taraf signifikan 5% dimana ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Treffinger dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di MTsS Al Ikhlas Tanah Terban.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Yusaini, M.Pd Pembimbing II: M. Zaiyar, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER .KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika Pendidikan > Siswa |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 10 Jan 2019 04:22 |
Last Modified: | 10 Jan 2019 04:22 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1549 |
Actions (login required)
View Item |