KAJIAN ASPEK DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 5 LANGSA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM)

YENNI ERVIANTI , 1032011197 (2017) KAJIAN ASPEK DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 5 LANGSA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM). Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (559Kb) | Preview

Abstract

Disposisi merupakan suatu karakter yang ditunjukkan oleh seseorang, disposisi matematis berkaitan dengan bagaimana siswa memandang dan menyelesaikan masalah, apakah dilakukan dengan percaya diri, tekun, berminat, dan berfikir fleksibel untuk mengeksplorasi berbagai alternatif strategi penyelesaian masalah, disposisi juga berkaitan dengan kecenderungan siswa untuk merefleksi pemikiran mereka sendiri. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat mengkaji aspek disposisi matematis siswa adalah pembelajaran berbasis masalah (PBM). Pembelajaran berbasis masalah adalah pembelajaran yang menjadikan masalah sebagai dasar bagi siswa untuk belajar. Dalam model pembelajaran berbasis masalah, masalah yang nyata dan kompleks dapat memotivasi siswa untuk mengidentifikasi dan meneliti konsep dan prinsip yang perlu mereka ketahui dalam rangka untuk berkembang melalui masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimanakah gambaran aspek disposisi matematis siswa SMP Negeri 5 Langsa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran disposisi matematis dan kemampuan matematis siswa SMP Negeri 5 Langsa dalam pembelajaran matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) memperoleh nilai rata-rata sebesar 73,12 % dengan kriteria baik. Sedangkan hasil tes yang diperoleh berdasarkan rata-rata 73,8 menunjukkan bahwa kemampuan matematis siswa ditinjau dari aspek disposisi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) adalah cukup. Siswa menunjukkan semangat dan ketekunan yang cukup tinggi dalam menyelesaikan masalah, aktif berdiskusi dan saling membantu dalam kelompok, dan tidak canggung bertanya atau minta petunjuk kepada guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Yenni Suzanna, M.Pd Pembimbing II: Fenny Anggreni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM)
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 10 Jan 2019 04:15
Last Modified: 10 Jan 2019 04:15
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1548

Actions (login required)

View Item View Item