SRI NURMAYANTI , 1032013116 (2018) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN 5E LEARNING CYCLE DAN 7E LEARNING CYCLE DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 3 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
SRI NURMAYANTI.1032013116.PMA.2017.pdf Download (2034Kb) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran 5E Learning Cycle merupakan pengembangan dari model pembelajaran 3E Learning Cycle yang memiliki tiga tahap yaitu exploration, concept introduction dan concept application. Pengembangan tersebut dikembangkan menjadi lima tahap yang dikenal dengan nama 5E Learning Cycle (engagement, exploration, explanation/extention, elaboration dan evaluation). Model pembelajaran 7E Learning Cycle merupakan pengembangan dari 5E Learning Cycle. Model ini terdiri dari 7 tahap yaitu: eliciting prior knowledge, engage, explore, explain, elaborate, evaluate, dan extend. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika yang diajarkan dengan model pembelajaran 5E Learning Cycle dan yang diajarkan dengan model pembelajaran 7E Learning Cycle. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Design Rendomized Control Group Pretest-Posttest dengan menggunakan dua kelompok penelitian yaitu kelompok penelitian eksperimen I dengan menggunakan model pembelajaran 5E Learning Cycle dan kelompok penelitian eksperimen II dengan menggunakan model pembelajaran 7E Learning Cycle. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa perempuan kelas IX di SMP Negeri 3 Langsa tahun ajaran 2017-1018 yang berjumlah 185. Sedangkan sampel dalam penelitian ini kelas IX.5 dijadikan kelas eksperimen I dengan menggunakan model pembelajaran 5E Learning Cycle dan yang terpilih setelahnya kelas IX.2 dijadikan kelas eksperimen II dengan menggunakan model pembelajaran 7E Learning Cycle. Dalam penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran 5E Learning Cycle dan model pembelajaran 7E Learning Cycle. Teknik pengumpulan data dalam peneliian ini adalah tes. Sebelum memberikan tes kepada siswa, instrumen tes terlebih dahulu diujikan kepada siswa yang telah mempelajari materi BRSL Tabung sebelumnya guna untuk menghitung validitas, reliabilitas, daya pembeda soal dan tingkat kesukaran. Test dilakukan dua kali yaitu sebelum materi disampaikan (pre-test) dan sesudah semua materi disampaikan (post-test). Pretest dan posttest diberikan kepada kedua kelas yang menjadi kelas eksperimen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan perhitungan data kelas Eksperimen I dan kelas Eksperimen II pada taraf signifikan diperoleh yaitu untuk kelas eksperimen I dan sehingga disimpulkan data posttest kelas Eksperimen I dan kelas Eksperimen II berasal dari populasi berdistribusi normal. Kemudian pada taraf signifikan diperoleh dan , karena yaitu: , hal ini berarti bahwa H0 diterima yaitu varians data posttest kelas Eksperimen I dan kelas Eksperimen II adalah homogen Hasil penelitian disimpulkan bahwa setelah membandingkan antara kedua harga t yaitu maka sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika yang diajarkan dengan model pembelajaran 5E Learning Cycle dan yang diajarkan dengan model pembelajaran 7E Learning Cycle di SMP Negeri 3 Langsa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Nuraida, M.Pd Pembimbing II: Fenny Anggreni, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN 5E LEARNING CYCLE DAN 7E LEARNING CYCLE |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 09 Jan 2019 08:18 |
Last Modified: | 09 Jan 2019 08:18 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1541 |
Actions (login required)
View Item |