ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMA NEGERI 3 LANGSA

PUTRI DIWIYA SARI, 1012012212 (2017) ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMA NEGERI 3 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
skripsi ok.pdf

Download (688Kb) | Preview

Abstract

Kualitas pendidikan kualitas memerlukan suatu proses perbaikan yang terus menerus, yang dapat diukur, baik secara individual, organisasi, korporasi dan tujuan kinerja nasional dalam bidang pendidikan. Perbaikan kualitas lebih dari suatu strategi usaha, komitmen terhadap kualitas merupakan suatu sikap yang diformulasikan dan didemonstrasikan dalam setiap ruang lingkup kegiatan dan kehidupan, serta mempunyai karakteristik hubungan yang paling dekat dengan anggota masyarakat khususnuya anggota masyarakat pendidikan baik guru, siswa dan staf-staf dalam menjalankan proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri 3 Langsa? Bagaimana dampak penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri 3 Langsa? Maka dari itu Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri 3 Langsa dan mengetahui dampak penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri 3 Langsa . Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif , dan menurut tempatnya termasuk penelitian lapangan (Field Research) dan yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri 3 Langsa, dan sampel penelitian yang diambil ambil adalah guru pendidikan Agama Islam SMA Negeri 3 Langsa. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara dan lembar observasi yang dilakukan disaat melakukan penelitian. Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh bahwa Penerapan Kurikulum 2013 baik terhadap peningkatan Kualitas Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri 3 Langsa dan dampak penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri 3 Langsa terlihat dari prestasi belajar yang dicapai siswa setelah mengikuti suatu pembelajaran sehingga setiap siswa harus belajar dengan sebaik-baiknya supaya mendapat prestasi belajar yang baik dan memuaskan setelah diterapkan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 menjadikan proses berfikir dan kemampuan intelektual siswa di bidang studi pendidikan Agama Islam , perolehan nilai dan sikap positif siswa dalam mengikuti pelajaran pendidikan agama Islam dan terbentuknya ketrampilan siswa yang semakin meningkat dalam mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Basri Ibrahim, MA Pembimbing II: Nurmawati, PhD
Uncontrolled Keywords: KURIKULUM 2013, PENDIDIKAN AGAMA, KUALITAS
Subjects: Pendidikan > Kurikulum Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 09 Jan 2019 04:15
Last Modified: 09 Jan 2019 04:15
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1530

Actions (login required)

View Item View Item