MODEL BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENERAPAN DISIPLIN IBADAG SISWA PADA SMP NEGERI 8 KARANG BARU

NURLAILA , 3022013143 (2018) MODEL BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENERAPAN DISIPLIN IBADAG SISWA PADA SMP NEGERI 8 KARANG BARU. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
NURLAILA.3022013143.BKI.2018.pdf

Download (665Kb) | Preview

Abstract

Islam merupakan agama yang identik dengan kedisiplinan, sedangkan kedisiplinan sendiri merupakan bahagian yang tidak terpisahkan dari Islam. Kita dilatih untuk melakukan disiplin melalui ibadah shalat karena merupakan ibadah kita kepada Allah Swt dan merupakan kewajiban dalam ajaran Islam. Siswa sebagai orang yang diberi pendidikan tentunya belum terbiasa atau masih mempunyai keinginan untuk bersenang-senang, sehingga mengabaikan kedisplinan dalam ibadah shalat. Siswa harus dilatih untuk membiasakan diri disiplin dalam ibadah shalat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Model Bimbingan Dan Konseling Dalam Penerapan Disiplin Ibadah Siswa Pada SMP Negeri 8 Karang Baru Aceh Tamiang, Bagaimana hambatan pelaksanaan bimbingan konseling, dan Apa solusi dalam mengatasi hambatan pelaksanaan model bimbingan konseling dalam penerapan disiplin ibadah siswa SMP Negeri 8 Karang Baru. Dalam melakukan penelitian ini peneliti menggunakan metode jenis penelitian lapangan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dan observasi,wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu menggambarkan dan memotret fenomena apa yang terlihat dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Bimbingan Konseling dalam Penerapan Disiplin Ibadah Siswa Yaitu : menggunakan model bimbingan Cognitive Behavior Therapy (CBT) dengan Pendekatan Islami Untuk melaksanakan disiplin ibadah, adapun upaya yang dilakukan yaitu : Mengidentifikasi masalah siswa, Fokus terhadap perilaku siswa, menerapkan sugesti kepada siswa, memberi pelatihan terhadap siswa, memberi dorongan stimulus dan spiritual kepada siswa, melakukan pengawasan kompherensip kepada siswa, menjadi contoh bagi siswa. Adapun hambatan yang dialami adalah, siswa tidak memahami pentingnya ibadah dan pola pikir yang masih labil. Adapun solusi yang dilakukan adalah memberikan bimbingan secara khusus secara individual diluar kelas agar siswa merasa leluasa dan aman dari gangguan, sehingga mudah mengidentifikasi persoalan para siswa dan mudah untuk menyelesaikannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Dr. H. Ramly M.Yusuf, MA Pembimbing II: Danil Putra Arisandy, M.Kom.I
Uncontrolled Keywords: MODEL BIMBINGAN DAN KONSELING, SISWA, IBADAH
Subjects: Hukum Islam > Ibadah
Pendidikan > Bimbingan Pendidikan
Pendidikan > Siswa
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 08 Jan 2019 08:50
Last Modified: 08 Jan 2019 08:50
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1521

Actions (login required)

View Item View Item