PENGGUNAAN BLOK ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 6 LANGSA

MUZI NURINA, 1032013154 (2018) PENGGUNAAN BLOK ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 6 LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img]
Preview
Text
MUZI NURINA.1032013154.PMA.2015.pdf

Download (3197Kb) | Preview

Abstract

Pemahaman matematis merupakan salah satu tujuan dari setiap materi yang disampaikan oleh guru, sebab guru merupakan pembimbing siswa untuk mencapai konsep yang diharapkan. Untuk menanamkan pemahaman siswa tentang konsepkonsep dari setiap materi pelajaran, guru sebagai perancang pembelajaran perlu mengadakan inovasi yang tepat agar setiap materi pelajaran dapat dipahami siswa dengan baik, sehingga ketuntasan belajar siswa dapat tercapai. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui blok aljabar efektif atau tidak dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IX SMP Negeri 6 Langsa, 2) untuk mengetahui penggunaan blok aljabar dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas IX SMP Negeri 6 Langsa, 3) untuk mengetahui respon siswa dengan penggunaan blok aljabar dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu soal tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil pengujian hipotesis yaitu P-value (Sig.) = 0,00 dimana 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak yaitu blok aljabar efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa di kelas IX SMP Negeri 6 Langsa. Selanjutnya berdasarkan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol disimpulkan bahwa blok aljabar sesuai digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa di kelas IX SMP Negeri 6 Langsa. Sedangkan hasil angket diperoleh persentase “jawaban ya” sebesar 54,4% yaitu dengan kriteria tinggi, sehingga dapat disimpulkan Blok Aljabar sesuai digunakan dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi persamaan kuadrat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: Drs. Basri Ibrahim, MA Pembimbing II: Fitriani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: ALJABAR, KEMAMPUAN MATEMATIKA
Subjects: Matematika > Aljabar
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 07 Jan 2019 08:13
Last Modified: 07 Jan 2019 08:13
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1518

Actions (login required)

View Item View Item