MUHAMMAD REZKI, 1012009048 (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVATION EXPLANATION (POE) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PAI DI MAS YASPENDI SUNGAI IYU KABUPATEN ACEH TAMIANG. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
MUHAMMAD REZKI.1012009048.PAI.2016.pdf Download (428Kb) | Preview |
Abstract
Pendidikan agama Islam merupakan mata pelajaran yang dikembangkan dari ajaran-ajaran dasar yang terdapat dalam agama Islam, ajaran-ajaran tersebut terdapat dalam Alqur’an dan Al-Hadits.. Mata pelajaran pendidikan agama islam menekankan keutuhan dan keterpaduan antara ranah kognitif, afektif dan psikomotornya. Tujuan akhir dari mata pelajaran pendidikan agama Islam adalah terbentuknya peserta didik yang memiliki akhlak mulia.Dalam proses belajar mengajar salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan adalah model pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang kurang sesuai dengan proses pembelajaran. Maka dari itu guru harus mempersiapkan diri sebelum kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakter diri siswa. Salah satu model pembelajaran yang sangat menarik adalah model pembelajaran Predict Observation Explanation (POE) karena model ini memberikan pengertian yang mendalam pada aktivitas desain belajar dan strategi bahwa start belajar berawal dari sudut pandang siswa bukan guru atau ahli sains. Berdasarkan penemuan dari penelitian yang telah dilakukan memiliki implikasi untuk pengembangan kurikulum, strategi belajar, pengembangan guru dan penilaian pemahaman siswa serta tingkat prestasi belajar siswa. Hasil belajar terdiri dari dua kata yaitu “Hasil” dan “Belajar”. Hasil merupakan akibat dari yang ditimbulkan karena berlangsungnya suatu proses kegiatan. Menurut kusnandar, hasil belajar adalah kemampuan siswa dalam memenuhi suatu tahapan pencapaian pengalaman belajar dalam suatu kompetensi dasar. Setelah belajar siswa akan memperoleh hasil atau nilai ukur untuk kemampuannya. Hasil dari belajar tersebut tidak diperoleh begitu saja, namun didapat setelah siswa mengalami proses pembelajaran terlebih dahulu. Hasil pada dasarnya merupakan sesuatu yang diperoleh dari suatu aktivitas, sedangkan belajar merupakan suatu proses yang mengakibatkan perubahan pada individu, yakni perubahan tingkah laku, baik aspek pengetahuannya, keterampilannya, maupun aspek sikapnya. Hasil belajar merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan tingkat keberhasilan yang dicapai oleh seseorang setelah melakukan usaha tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design dengan menggunakan pembagian satu kelompok penelitian yaitu kelompok penelitian eksperimen dengan menggunakan model poe dan sampel penelitian diambil menggunakan teknik simple random sampling, kelas XI Ipa 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 orang siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Dr. Budiman, MA Pembimbing II: Hamdani, MA |
Uncontrolled Keywords: | PREDICT OBSERVATION EXPLANATION (POE), HASIL BELAJAR |
Subjects: | Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 07 Jan 2019 07:33 |
Last Modified: | 07 Jan 2019 07:33 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1515 |
Actions (login required)
View Item |