KHAIRUNNISA, 1032011057 (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN REACT DI MTs BUSTANUL HUDA LANGSA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
|
Text
skripsi ok.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstract
Strategi pembelajaran adalah perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Maka dari itu dalam pembelajaran perlu diterapkan penggunaan strategi seperti strategi REACT yang dapat meningkatkan kemampuan siswa secara menyeluruh. Strategi REACT merupakan strategi pembelajaran kontekstual yang memiliki unsur-unsur Relating (menghubungkan/mengaitkan), Experiencing (mengalami), Applying (menerapkan), Cooperating (bekerja sama), dan Transferring (mentransfer). Strategi ini menjadikan siswa terlibat dalam aktivitas yang terus menerus, berfikir dan menjelaskan penalaran mereka, mengetahui berbagai hubungan antara tema-tema dan konsepkonsep bukan hanya sekedar menghafal dan membaca fakta secara berulang-ulang serta mendengarkan ceramah dari guru. Hasil belajar matematika masih tergolong rendah. Menurut hasil survey yang dilakukan oleh TIMSS (Trends in Internasional Mathematics and Science Study) dan PISA (Program for Internasional Assesment of Student) untuk bidang matematika, Indonesia berada pada peringkat 38 dari 32 negara dengan skor 386 dan peringkat 50 dari 57 negara dengan skor 391. Melihat hasil belajar matematika di Indonesia yang tergolong rendah ada beberapa faktor yang mempengaruhinya antara lain faktor gender serta penggunaaan bahasa pengantar. Perbedaan gender sangat erat hubungannya dengan cara belajar siswa dalam memahami pelajaran khususnya dalam mata pelajaran matematika sehingga memiliki kemungkinan adanya perbedaan hasil belajar matematika yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah perbedaan hasil belajar siswa laki-laki dan perempuan pada materi lingkaran di kelas VIII MTs Bustanul Huda Langsa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitiannya menggunakan desain randomized design control group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Bustanul Huda Langsa Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas VIII-1 yang berjumlah 22 orang dan kelas VIII-2 yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk uraian dengan jumlah 5 butir soal. Sebelum dilakukan hipotesis maka perlu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyaratan analisis. Apabila data tersebut telah diuji prasyaratan analisis data dan dianggap dapat dilanjutkan maka kemudian akan dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil pengujian hipotesis diperoleh =1,84> =1,68yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi REACT di kelas perempuan lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi REACT di kelas laki-laki.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Budi Irwansyah, M.Si Pembimbing II: Rudhatul Husna, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI REACT, HASIL BELAJAR |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 07 Jan 2019 03:26 |
Last Modified: | 07 Jan 2019 03:26 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/1511 |
Actions (login required)
View Item |